Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Vinales Lega Akhiri Puasa Juara di GP Belanda

Senin 01 Jul 2019 09:27 WIB

Red: Israr Itah

Maverick Vinales

Maverick Vinales

Foto: EPA-EFE/Vincent Jannink
Maverick Vinales menunjukkan dominasi Yamaha di Sirkuit Assen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maverick Vinales menunjukkan dominasi Yamaha di Sirkuit Assen dengan menjuarai GP Belanda pada Ahad (30/6). Pembalap Monster Energy Yamaha ini mengalahkan pemimpin klasemen sementara Marc Marquez dari tim Repsol Honda. Pembalap rookie Fabio Quartararo, yang start dari pole position untuk kedua kalinya secara beruntun di MotoGP 2019, finis ketiga untuk tim satelit Petronas Yamaha SRT.

"Assen adalah salah satu trek yang aku sukai di kalender," kata Vinales seperti dikutip Reuters. "Saat ini aku mewujudkan mimpiku karena sudah terlalu lama tanpa gelar juara," kata pebalap yang terakhir kali menang di Australia tahun lalu itu.

Baca Juga

Di belakang Vinales, Marquez finis kedua untuk melebarkan jarak di puncak klasemen dengan mengemas total 160 poin, terpaut 44 poin dari rival terdekatnya, Andrea Dovizioso (Ducati), yang finis P4 hari itu.

"Kita tahu Yamaha sudah sangat kuat di sesi latihan," kata Marquez, yang kewalahan meladeni perlawanan Vinales di lap-lap terakhir itu. "Tapi ini seperti kemenangan. Kami menambah keunggulan di kejuaraan, itu yang paling penting. Juga di sirkuit di mana kami kewalahan, kami bisa."

Sementara pembalap senior Valentino Rossi, rekan satu tim Vinales, terlibat kecelakaan setelah bersenggolan dengan Takaaki Nakagami (LCR Honda) ketika balapan berlangsung empat putaran. Rossi mengakui kecelakaan itu kesalahannya

Start balapan menampilkan kejutan. Start dari P3 dan P5, duo pembalap Suzuki Alex Rins dan Joan Mir langsung geber gas sejak start untuk mengambil dua posisi terdepan. Ketika dua rookie, Mir dan Quartararo bersaing untuk tempat kedua, Rins yang memimpin lomba, malah terjatuh di lap kedua.

Tak lama Quartararo mengambil alih pimpinan lomba dari Mir, sementara sang pembalap Suzuki melorot kembali ke P5. Marquez dan Vinales membayangi di P2 dan P3. Marquez memanfaatkan ketidakstabilan motor Quartararo, yang bergoyang hebat di lintasan lurus, untuk mengambil alih pimpinan lomba di lap 11. Tak menyerah, satu lap kemudian Quartararo kembali merebut pimpinan lomba ketika Marquez melebar di Tikungan 2.

Assen kali ini menjadi saksi pertarungan tiga pembalap di depan yaitu Quartararo, Marquez dan Vinales, yang meninggalkan pesaing lainnya di belakang. Di lap ke-15, Vinales meiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk menyalip Marquez dan satu lap kemudian mengambil alih pimpinan lomba dari Quartararo.

Quartararo kembali mendapat kejutan ketika disalip Marquez dan melorot ke P3. Vinales kembali membuat kesalahan di Tikungan 1 yang dimanfaatkan dengan baik oleh Marquez untuk memimpin dengan sembilan lap tersisa, namun daya manuver dan power motor Yamaha bernomor 12 itu memudahkannya merebut kembali posisinya tak lama setelah itu.

Di sisa putaran tersisa, Marquez tak berdaya mengejar motor Yamaha di depannya, hingga rival senegaranya itu menyentuh garis finis pertama dengan jarak cukup jauh 4,8 detik di depan.

Andrea Dovizioso tak bisa memberikan perlawanan di kelompok pembalap terdepan dan harus puas finis P4 untuk Ducati dengan jarak 14,147 detik dari juara lomba. Sementara rekan satu timnya, Danilo Petrucci finis P6 di belakang pembalap rookie Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di P5.

Cal Cruthclow mengamankan poin di P7 untuk LCR Honda diikuti Joan Mir di P8. Jack Miller finis P9 untuk Pramac Racing dan Andrea Iannone melengkapi peringkat 10 besar untuk Factory Aprilia Gresini. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) dinyatakan tidak fit untuk bertarung di GP Belanda hingga seri selanjutnya di Jerman menyusul kecelakaan di sesi latihan bebas yang menyebabkan retak tulang punggung.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA