Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

'Cukur' Cile, Peru Tantang Brasil di Final Copa America

Kamis 04 Jul 2019 09:57 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Bayu Hermawan

Pemain Cile Arturo Vidal berebut bola dengan pemain Peru Yoshimar Yotun (kanan) dalam pertandingan semifinal Copa America 2019, Kamis (4/7) pagi WIB.

Pemain Cile Arturo Vidal berebut bola dengan pemain Peru Yoshimar Yotun (kanan) dalam pertandingan semifinal Copa America 2019, Kamis (4/7) pagi WIB.

Foto: EPA
Peru tampil perkasa pada semi final Copa America 2019 kontra Cile.

REPUBLIKA.CO.ID, GREMIO -- Peru tampil perkasa pada semifinal Copa America 2019 kontra Cile. Skuat polesan Ricardo Gareca mengalahkan Cile dengan skor 3-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Arena Do Gremio, Kamis (4/7) pagi WIB.

Kedua tim menampilkan aksi saling menyerang sejak pertandingan dimulai. Namun, belum ada peluang berarti yang tercipta. Los Incas memecah kebuntuan pada menit ke-21. Sebuah umpan lambung Christian Cueva dari sisi kanan penyerangan timnya, disambut Andre Carrillo dengan sundulan. Bola liar jatuh di kaki Edison Flores. Tanpa ampun Flores melepaskan sepakan jarak dekat dan merobek jala Gabriel Arias.

Tertinggal 0-1, Cile berusaha merespons. Beberapa kali Alexis Sanchez melakukan penetrasi, tapi belum membahayakan gawang lawan. Pada menit ke-38, Peru menambah keunggulan. Berawal dari keputusan Arias yang keluar dari gawangnya saat menghadang pergerakan Carrillo.

Setelah melewati sang kiper, Carrillo melepaskan umpan lambung ke kotak penalti Cile. Bola yang datang, dikontrol Yoshimar Yotun. Selanjutnya Yotun melepaskan tendangan ke arah gawang yang ditinggalkan Arias.

Di sisa waktu tak ada perubahan berarti. Skor 2-0 untuk La Blanquirroja bertahan hingga turun minum. Setelah jeda, Cile berusaha tampil dominan. Anak asuh Reinaldo Rueda mencari cara untuk mengejar ketertinggalan.

Pada menit ke-65, Sanchez melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Upaya penggawa Manchester United itu masih melenceng dari sasaran. Dua menit kemudian, La Roja kembali mendulang kans. Kali ini lewat sepakan voli bek kiri Jean Beausejour. Tendangan pesepak bola 23 tahun itu sempat membuat kiper Peru, Pedro Gallese, kewalahan.

Cile terus mengurung pertahanan Los Incas. Sang juara bertahan memiliki peluang emas lewat sundulan Arturo Vidal pada menit ke-80 dan tendangan Sanchez, dua menit kemudian. Sibuk menyerang, gawang La Roja justru kembali kebobolan. Jose Paolo Guerrero berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah memperdaya Arias.

Pada menit terakhir, Cile memperoleh peluang untuk memperkecil ketertinggalan. Sayangnya, tendangan penalti Eduardo Vargas bisa diamankan Gallese. Skor 3-0 untuk Peru bertahan hingga laga usai.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA