Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Messi tak Masuk dalam Skuat Terbaik Copa America 2019

Kamis 11 Jul 2019 04:40 WIB

Red: Bayu Hermawan

Lionel Messi

Lionel Messi

Foto: REPUBLIKA
Pemain Brasil mendominasi Copa America 2019 Best XI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang sekaligus Kapten Argentina Lionel Messi tidak masuk dalam daftar 11 pemain terbaik Copa America 2019. Hanya ada satu pemain Argentina yang masuk dalam line up Copa America 2019 Best XI, yakni Leandro Paredes.

Copa America 2019 Best XI diisi oleh lima pemain Brasil, dua pemain Peru dan satu pemain dari Argentina, Kolombia, Uruguay serte Cile. Nama-nama pemain yang masuk dalam line up ini dipilih oleh pelatih-pelatih di Konfederasi Amerika Selatan atau CONMEBOL.

Messi menjadi pemain yang paling mendapat sorotan pada ajang ini. Kontroversi pertama yang dibuat oleh bintang Barcelona ini adalah setelah Argentina disingkirkan oleh Brasil dengan skor 0-2 di babak semifinal. Usai pertandingan, Messi memprotes keputusan wasit yang tidak memberikan dua penalti untuk timnya.

Messi pun menuding jika terjadi 'korupsi' pada Copa America 2019. Ia pun menuding jika ajang Copa America 2019 sudah diatur agar Brasil menjadi pemenangan. Hal itu memicu kontroversi, terlebih setelah Brasil akhirnya benar-benar menjadi juara setelah mengalahkan Peru.

Messi kembali membuat kontroversi saat Argentina bertemu Cile di pertandingan perebutan tempat ketiga. Saat itu, Messi mendapatkan kartu merah karena terlibat cekcok dengan pemain Cile Gary Medel.  Sebagai bentuk protes, Messi kemudian tidak ikut dalam seremoni penyerahan medali untuk juara ketiga.

Ketika ditanya apakah dirinya tidak takut mendapat hukuman dari CONMEBOL atas kontroversi yang dibuatnya? Messi dengan enteng menjawan "kebenaran perlu disampaikan".

CONMEBOL, konfederasi sepak bola Amerika Selatan, kemudian merilis pernyataan menjawab pernyataan Messi. CONMEBOL menilai apa yang disampaikan Messi adalah tuduhan yang tidak dapat diterima dan tidak berdasar. CONMEBOL menilai Messi telah mendiskreditkan integritas Copa America.

"Di sepakbola, kadang-kadang Anda kalah dan kadang-kadang Anda menang. Salah satu pilar mendasar dari permainan yang adil adalah menerima hasil dan keputusan wasit dengan hormat," kata CONMEBOL seperti dikutip dari ESPN.

Berikut skuat terbaik Copa America 2019:

Alisson Becker (Brasil), Dani Alves (Brasil), Jose María Giménez (Uruguay), Thiago Silva (Brasil), Miguel Trauco (Perú), Arthur (Brasil), Leandro Paredes (Argentina), Arturo Vidal (Chili), James Rodríguez (Kolombia), Paolo Guerrero (Perú), Everton (Brasil).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA