Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Dani Alves yang Bermandikan Trofi Juara

Kamis 11 Jul 2019 10:41 WIB

Red: Budi Raharjo

Dani Alves

Dani Alves

Foto: EPA/IAN LANGSDON
Namun Dani Alves belum pernah menjuarai Piala Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID,

Oleh Anggoro Pramudya

Sebagai seorang pesepak bola profesional, suatu gelar juara tentu menjadi pencapaian tertinggi dalam karier di lapangan hijau. Trofi atas nama klub, tim nasional (timnas), maupun individu seakan menjadi status sosial sang pemain.

Berbicara seorang pesepak bola yang memiliki segudang trofi, terselip nama Dani Alves. Di setiap tim yang diperkuatnya, ia hampir menghasilkan titel juara. Menariknya, Alves bukanlah seorang striker atau gelandang serang.

Dengan posisi natural bek sayap kanan, Alves selalu menjadi andalan saat membela timnas Brasil ataupun sejumlah klub yang pernah ia perkuat selama kariernya, yakni Bahia, Sevilla, Barcelona, Juventus, dan Paris Saint-Germain (PSG). Boleh dibilang, Alves salah satu pesepak bola yang bermandikan trofi juara.

Tak dimungkiri, momen-momen tersebut selalu dilewati Alves dengan trofi juara. Teranyar, ia sukses mengantarkan tim Samba keluar sebagai kampiun Copa America 2019 yang telah lama dinanti Selecao sejak 2007 silam.

Menukil dari Sportbible, penggawa PSG itu menorehkan catatan spesial sebagai pesepak bola pertama yang mengoleksi total 40 trofi hingga saat ini. Alves juga menyabet penghargaan individu sebagai pemain terbaik Copa America. Itu tak terlepas dari penam pilan gemilangnya sepanjang hajatan tersebut.

Bagi pemain berusia 36 tahun tersebut, trofi Copa America kali ini merupakan yang kedua sepanjang kariernya atau gelar internasional keempat. Sebelumnya, ia telah mengoleksi titel Piala Konfederasi.

Banyak pundi-pundi gelar juara yang pernah disabet Alves membuat nya pantas untuk memiliki lemari trofi sendiri. Adapun hal itu dibuka saat memperkuat Sevilla sebelum hijrah ke Barca pada musim panas 2008 silam.

Kiprah Alves bersama Los Azulgrana benar-benar pantas diabadikan. Ia sukses bergemilang gelar, mayoritas koleksi trofinya diraih saat berseragam Barca. Total, dia mengangkat 23 gelar selama delapan musim.

Pindah ke klub baru tak membuat Alves nirgelar. Berlabuh ke Juventus, pada 2006, Alves lagi-lagi menambah gelar ganda dalam semusim sebelum akhirnya memutuskan merapat ke PSG.

Memperkuat Les Parisiens, Alves mengumpulkan enam trofi juara, termasuk dua gelar ganda dalam dua musim di Paris. Sang pemain kini berstatus bebas tansfer dan santer dikaitkan bakal mengakhiri kontraknya bersama PSG.

Akan tetapi, setiap yang hidup pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Satu trofi juara yang dinilai tak akan dimilikinya hingga akhirnya gantung sepatu adalah gelar Piala Dunia. Alves belum pernah menjuarai Piala Dunia (ed:citra listya rini)

photo

Dani Alves

Koleksi Trofi Dani Alves

Sevilla:

2 Piala UEFA, 1 Piala Super UEFA, 1 Copa del Rey, 1 Supercopa Spanyol.

Barcelona:

6 La Liga, 4 Copa del Rey, 3 Liga Champions, 3 Piala Dunia Antarklub, 3 Piala Super Eropa.

Juventus:

1 scudetto Seri A, 1 Coppa Italia.

PSG:

2 juara Ligue 1, 2 Trofi De Champions, 1 Coupe de La Ligue, 1 Coupe de France.

Timnas Brasil :

2 Copa America, 2 Piala Konfederasi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA