Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Lini Serang Jadi Problem Terbesar Valencia

Sabtu 13 Jul 2019 13:31 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi

Para pemain Valencia merayakan keberhasilan menjuarai Piala Raja

Para pemain Valencia merayakan keberhasilan menjuarai Piala Raja

Foto: EPA
Pelatih Marcelino menyebut Valencia harus bisa meningkatkan aspek penyerangan.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Hingga pertengahan bursa transfer pemain musim panas kali ini, kabar terbesar terkait aktivitas Valencia di bursa transfer pemain adalah perekrutan kiper asal Belanda, Jasper Cillesen, dari Barcelona. Seiring dengan kedatangan Cillesen, Los Che juga sepakat melepas penjaga gawang asal Brasil, Neto, ke Blaugrana.

Padahal, problem terbesar Los Che pada sepanjang musim lalu adalah performa kurang menyakinkan di aspek penyerangan. Bahkan, pencetak gol terbanyak buat Valencia di gelaran La Liga musim lalu bukanlah seorang penyerang, melainkan gelandang. Adalah Daniel Parejo yang menjadi pemain tersubur Los Che di pentas La Liga musim lalu dengan torehan sembilan gol.

Keberhasilan finish di peringkat keempat klasemen akhir La Liga musim lalu, ditambah raihan trofi Coppa de Rey usai mengalahkan Barcelona 2-1 di partai final, menjadi penyelamat muka Valencia. Pasalnya, hingga paruh pertama La Liga musim lalu, Valencia sempat terpuruk dan terseok-seok di peringkat ke-11 klasemen sementara.

Berkaca dari penampilan buruk pada awal musim lalu, pelatih Valencia, Marcelino Garcia Toral, sempat mengungkapkan masalah terbesar yang dihadapi timnya. Pelatih asal Spanyol itu berharap, masalah ini bisa segera diatasi dengan cara mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas kali ini. Langkah ini pun diharapkan bisa membawa Los Che bertahan dalam persaingan papan atas La Liga pada musim depan.

''Di bursa transfer pemain, kami harus bisa memperkuat tim ini. Pada musim lalu aspek penyerangan kami kurang efektif, meski dihuni pemain-pemain bagus. Kami harus bisa meningkatkan aspek penyerangan, bukan hanya striker, tapi juga seluruh pemain di lini serang. Kami akan menganalisa semua kemungkinan di bursa transfer dan melihat apa yang bisa kami lakukan,'' tutur Marcelino, seperti dikutip One Football, beberapa waktu lalu.

Hingga kini, di sisi penyerangan, Valencia memang baru melakukan dua aktivitas besar di bursa transfer pemain. Pertama, dengan mengubah status peminjaman winger asal Rusia, Denis Cheryshev, menjadi permanen. Winger berusia 28 tahun itu ditebus dengan banderol transfer sebesar 5,4 juta pound dari Villarreal.

Selain itu, Los Che juga mengakuisisi winger berusia 24 tahun, Jason, dari Levante. Untuk perekrutan Jason ini, Valencia tidak mengeluarkan sepeser uang pun lantaran kontrak Jason bersama Levante memang telah habis pada akhir musim lalu. Kendati begitu, Los Che justru dianggap belum melakukan penguatan utama di lini serang, yaitu dengan mendatangkan penyerang anyar.

Di pos penyerang, Valencia telah memiliki Rodrigo Moreno, Kevin Gameiro, dan Santi Mina. Dari tiga nama tersebut, hanya Rodrigo Moreno yang dianggap paling konsisten. Pada musim lalu, Rodrigo mampu mencetak 15 gol dari 52 caps di semua ajang.

Namun, apabila dibandingkan musim 2017/2018. catatan gol penyerang asal Spanyol tersebut mengalami penurunan. Alhasil, Los Che membutuhkan penyerang dan tenaga baru baru di lini depan demi bisa meningkatkan daya gedor.

Nama penyerang Celta Vigo, Maxi Gomez, dilaporkan menjadi target buruan utama Los Che. Bahkan, demi bisa mendapatkan Gomez, Los Che dikabarkan siap menyertakan penyerang Santi Mina, ditambah dengan nilai transfer mencapai 14,5 juta euro, dalam proses negosiasi dengan Celta Vigo.

Seperti dilansir Diario Sports, awal pekan ini, kedua tim kabarnya telah mencapai kata sepakat terkait transfer tersebut. Rencananya, Gomez akan menandatangi kontrak berdurasi empat tahun, sementara Mina akan dikontrak Celta Vigo selama tiga tahun. Kendati begitu, Gomez bukan satu-satunya striker yang dilaporkan bakal merapat ke Stadion Mestalla.

Penyerang Espanyol, Borja Iglesias, dikabarkan menarik minat manajemen Los Che. Kendati begitu, hingga saat ini, belum ada kelanjutan kabar terkait proses negosiasi antara Valencia dengan Espanyol. Tidak hanya itu, nama penyerang asal Spanyol, Ayoze Perez, juga sempat disebut-sebut masuk dalam radar Valencia.

Sayangnya, Valencia kalah cepat dengan Leicester City. Perez akhirnya memilih bergabung bersama The Foxes pada awal bulan ini. Penyerang berusia 25 tahun itu sepakat hijrah dari Newcastle United dan memperkuat The Foxes dengan durasi kontrak selama empat tahun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA