Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Beli Griezmann, Barcelona Jadi Klub Paling Boros di Eropa

Sabtu 13 Jul 2019 05:55 WIB

Red: Bayu Hermawan

Logo Barcelona FC

Logo Barcelona FC

Foto: fcbarcelonawallpapers.net
Barcelona telah mengelontorkan dana total 1 miliar euro dalam lima tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona resmi mendapatkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Pembelian penyerang asal Prancis itu semakin menegaskan Blaugrana sebagai klub yang paling boros belanja pemain sejak musim 2014-2015 hingga saat ini.

Baca Juga

Barcelona seperti tidak pernah kekurangan uang untuk mendapatkan pemain buruannya. Bayangkan, untuk membayar klausul pelepasan Griezmann saja dari Atletico Madrid, Barca sudah mengelontorkan dana sebesar 120 juta euro. Biaya transfer itu masih bisa bertambah mengingat detail-detail lain terkait transfer Griezmann belum terungkap.

Sejak musuh bebuyutan mereka, Real Madrid, meluncurkan proyek los Galaticos, Barcelona memang semakin melupakan La Masia, akademi sepak bola yang mereka punya. Klub asal Katalan itu lebih senang membeli pemain bintang dibandingkan menunggu lahirnya pemain bintang dari La Masia.

Musim ini pun, Barcelona siap menguras kantong demi mendapatkan pemain bintang, demi kembali unggul dalam persaingan dengan Madrid di La Liga, serta merebut trofi Liga Champions yang sudah mereka impikan sejak beberapa musim lalu. Pembelian Griezmann menempatan Barcelona sebagai klub paling boros dalam belanja pemain, mengalahkan Paris Saint Germain dan Manchester City, yang juga dalam beberapa tahun terakhir jor-joran belanja pemain.

Dikutip dari givemesport, Barcelona telah mengeluarkan uang dengan total sebesar lebih dari 1 miliar euro sejak musim 2014-2015, atau dalam lima tahun terakhir. Pengeluaran besar Barcelona dimulai saat klub itu memboyong Luis Suarez dari Liverpool dengan harga 60 juta euro.

Berikutnya, Barcelona mengeluarkan uang besar untuk memboyong Philippe Coutinho dan Ousama Dembele, yang keduanya masing-masing berharga lebih dari 100 juta euro. Belum lagi pemain lain seperti Neymar Jr.

Untuk bursa transfer musim panas ini saja, Barcelona tak ragu mengeluarkan 300 juta euro untuk mendapatkan Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam. Dan pembelian Griezmann menjadikan Barcelona sebagai klub yang paling besar mengeluarkan uang untuk belanja pemain dalam setengah dekade terakhir.

Jika dilihat dari hasil penjualan pemain, nampaknya biaya pembelian pemain baru Barcelona musim ini tak terlalu terpaut secara mencolok. Sebab Blaugrana telah mendapatkan sekitar 627 juta euro.

Anehnya, publik masih menyebut PSG dan City sebagai klub yang paling senang menghambur-hamburkan uang. Faktanya justru Barcelona yang pantas disebut sebagai crazy rich klub saat ini.

Dikutip dari majalan Belanda Voetbal International, berikut 10 klub dengan pengeluaran besar untuk belanja pemain dalam lima tahun terakhir:

1. Barcelona - 1,08 miliar euro

2. Manchester City - 996 juta euro

3. Manchester United - 890 juta euro

4. Chelsea - 875 juta euro

5. Juventus - 868 juta euro

6. Atletico Madrid - 800 juta euro

7. Paris Saint-Germain - 773 juta euro

8. Real Madrid - 755 juta euro

9. Liverpool - 714 juta euro

10. AS Roma - 586 juta euro

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA