Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Hamilton Pertajam Rekor di GP Inggris

Senin 15 Jul 2019 00:44 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Hamilton jadi pembalap tersukses di sepanjang sejarah gelaran GP Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, SILVERSTONE -- Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil menajamkan rekornya di GP Inggris usai menjadi yang tercepat dalam sesi balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada seri ke-10 F1 musim 2019, Ahad (14/7). Berkat kemenangan ini, Hamilton menjadi pebalap tersukses di sepanjang sejarah gelaran GP Inggris, dengan mencatatkan enam kemenangan,

Pebalap berusia 34 tahun itu melewati catatan Jim Clark dan Alain Prost, yang telah mengoleksi lima kemenangan di GP Inggris. Selain itu, ini menjadi kemenangan ke-80 pebalap asal Inggris itu di sepanjang kariernya di pentas F1. Sementara untuk musim ini, kemenangan di Sirkuit Silvertsone tersebut menjadi kemenangan ketujuh Hamilton hingga seri kesepuluh yang telah digelar hingga saat ini.

Dalam sesi balapan yang menghabiskan 52 lap tersebut, Hamilton mencatatkan keunggulan waktu hingga 24 detik dari rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang finish di posisi kedua. Sedangkan podium ketiga ditempat oleh pebalap Ferarri, Charlers Leclerc. Strategi pit stop dan pemilihan ban menjadi kunci kemenangan Hamilton pada sesi balapan kali ini.

Mengawali balapan di posisi kedua, di belakang Bottas, Hamilton sempat berusaha melewati Bottas pada lap ketiga dan keempat balapan. Namun, Bottas, yang berada di pole position, sukses mempertahankan posisi kedepan. Hamilton akhirnya mampu mengambil alih pimpinan lomba saat balapan memasuki lap ke-15. Pada saat itu, Bottas memutuskan untuk masuk ke pit dan melakukan pergantian ban.

Keberuntungan Hamilton terus berlanjut pada lap ke-21, tepatnya saat pebalap Alfa Romeo Racing, Antonio Giovinazzi, mengalami insiden. Lomba sempat dihentikan dan safety car masuk ke dalam sirkuit. Kesempatan ini pun dimanfaatkan Hamilton untuk masuk ke pit stop dan mengganti ban dengan jenis ban hard. Akhirnya, Hamilton mampu tampil dominan di sepanjang sisa lomba dan mengakhiri seri kesepuluh F1 musim ini di podium tertinggi.

Seusai balapan, Hamilton pun mengaku bangga dengan capaian tersebut. Terlebih dengan statusnya sebagai pebalap tersukses di GP Inggris. ''Saya tidak bisa mengatakan betapa bangganya saya. Mungkin Anda mengira saya akan terbiasa dengan kemenangan ini, tapi rasanya seperti baru pertama kali menang di tempat ini,'' ujar Hamilton seperti dikutip BBC, Ahad (14/7).

Kemenangan di Sirkuit Silvestone ini sekaligus membawa Hamilton memantapkan posisi di papan klasemen sementara pebalap. Juara bertahan F1 tersebut unggul 39 poin dari rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas, yang berada di peringkat kedua dengan raihan 184 poin.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA