Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Jelang Vs Persija, RD Fokus Recovery Pemain

Senin 15 Jul 2019 19:30 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Rahmad Darmawan (tengah).

Rahmad Darmawan (tengah).

Foto: REPUBLIKA/Hartifiany Praisra
RD akan evaluasi efisiensi pergerakan pemain di lapangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang laga melawan Persija Jakarta, pelatih PS Tira Persikabo, Rahmad Darmawan mengatakan, ia akan lebih banyak menerapkan program untuk mengembalikan kebugaran pemain setelah menjamu Madura United pada Jumat (13/7) lalu. Laga lanjutan pekan ke-9 Liga 1 2019 antara PS Tira Persikabo kontra Persija akan berlangsung di Stadion Pekansari, Bogor pada Selasa (16/7).

Praktis penggawa Tira Persikabo memiliki waktu tiga hari untuk recovery jelang laga tersebut. Pria yang akrab disapa RD ini menilai, tiga hari merupakan waktu yang ideal.

RD tidak bisa menuntut waktu lebih banyak karena semua tim pun mengalami hal serupa. RD memastikan tim asuhannya tidak akan menyerah dengan kondisi tersebut. Dia bertekad akan membawa the Army untuk mempertahankan tren positif yang telah dibangun sejak awal musim 2019. Hingga kini, the Army belum menderita kekalahan dan berhasil memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 16 poin.

"Menurut saya, tiga hari ideal untuk recovery, kami bisa me-manage dengan benar. Hari ini latihan pagi, kami turunkan intensitas, lebih ke aktivasi, dan mengecek kebugaran dan kesehatan pemain. Secara keseluruhan, pemain siap untuk pertandingan besok dan saya berharap keberuntungan ada di pihak kami," kata RD dalam konferensi pers jelang laga, Senin (15/7).

Sebelumnya, saat menjamu Madura United, Tira harus puas dengan hasil imbang 2-2. Padahal, Tira sempat memimpin dengan skor 2-0.

RD mengaku permainan anak asuhnya tampak tidak efektif dan efisien di 15 menit akhir pertandingan. Dia memastikan hal itu bukan karena fisik pemain yang melemah, hanya saja pemain terlalu banyak menghabiskan tenaga untuk hal-hal seperti menggiring bola, mengoper, dan bergerak untuk yang tidak semestinya. "Itu yang menghamburkan energi tidak pada tempatnya, itu yang jadi evaluasi kami," ujar dia.

Sementara itu, untuk mempertajam serangan di lini depan, RD memastikan striker andalan, Ciro Alves dapat diturunkan saat melawan skuat Macan Kemayoran nanti. Dia mengungkapkan, pada laga melawan Madura United, Ciro tak diturunkan bukan karena cedera melainkan hanya mengalami kram akibat kelelahan. Kram yang dialami Ciro ada di lima titik, antara lain di paha kanan-kiri, betis belakang kanan-kiri, sama perut. "Kami istirahatkan dia kemarin. Sepertinya bisa (diturunkan). Tadi kami cek, bisa. Semua oke," jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA