Senin, 25 Zulhijjah 1440 / 26 Agustus 2019

Senin, 25 Zulhijjah 1440 / 26 Agustus 2019

Kejutan dari Dua LA di Musim Baru NBA

Selasa 16 Jul 2019 07:39 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Karta Raharja Ucu

Pemain Lakers, LeBron James (kiri) dan pemain Clippers, Kawhi Leonard (kanan).

Pemain Lakers, LeBron James (kiri) dan pemain Clippers, Kawhi Leonard (kanan).

Foto: USA Todaysport
LA Lakers dan Clippers sama-sama mendatangkan bintang baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang musim 2019-2020 banyak kejutan di luar dugaan dari tim-tim NBA. Los Angeles (LA) Lakers mendatangkan Anthony Davis untuk diduetkan dengan megabintang LeBron James, sementara tim sekota Los Angeles Clippers tidak mau kalah.

Di bawah arahan Jerry West, Clippers sukses memboyong dua superstar NBA. Mereka adalah MVP Final 2019 Kawhi Leonard yang berhasil didaratkan dari klub juara bertahan, Toronto Raptors. Kejutan berlanjut.

Di luar dugaan, bintang Oklahoma City Thunder Paul George juga berhasil mereka ikat dengan kontrak empat tahun. Satu tahun lebih lama dari Leonard.

Tim Barat lainnya yang melakukan perombakan cukup besar adalah Houston Rockets. Meski harus kehilangan Chris Paul, Rockets mampu mendatangkan Russel Westbrook yang akan diduetkan dengan James Harden.

Dinamika perpindahan pemain NBA menuai komentar dari anggota Central Board Federasi Basket Internasional (FIBA) Erick Thohir yang juga pemerhati basket ketika berbincang dengan Republika di Jakarta, Senin (15/7). Dia menyatakan, dengan pergerakan pemain jelang musim 2019-2020, dua tim dari Los Angeles ini akan menjadi ancaman tim lainnya sekaligus sebagai penantang serius untuk meraih gelar juara NBA musim depan.

"Lakers dari dulu memang terkenal dengan perpaduan dua pemain kecil dan besar. Sebut saja duet Wilt Chamberlain dan Jerry West, lalu Kareem Abdul Jabar dan Magic Johnson, kemudian ada Shaquille O'Neal dan Kobe Bryant. Dan saat ini mereka ingin menduetkan LeBron James dan Anthony Davis," kata Erick.

Selain mereka berdua, lanjut Erick yang belum lama ini terpilih menjadi members of IOC (Komite Olimpiade Internasional), Lakers semakin lebih kuat musim depan dengan tambahan sejumlah pemain baru lainnya, seperti DeMarcus Cousins, Danny Green, dan Avery Bradley.

"Selain itu Lakers masih ditopang pemain lama, seperti Rajon Rondo, Kyle Kuzma, Alex Carusso, serta Kentavious Cadwell-Pope. Itu akan menjadi kekuatan tersendiri bagi Lakers," ujarnya.

Adapun Clippers, menurut mantan salah satu pemilik Philadelphia 76ers ini, setelah sebelumnya membangun skuat dengan sejumlah pemain muda, kini dengan datangnya Kawhi Leonard dan Paul George akan semakin kuat. "Kalau Leonard, memang sudah bisa dilihat pergerakannya akan berlabuh ke Clippers. Namun, Paul George benar-benar di luar dugaan. Jadi, saya kira dua tim asal Los Angeles ini akan mengancam. Setidaknya mereka bisa ke final wilayah," tutur Erick.

Tim lainnya di Wilayah Barat selain dua LA, kata Erick, masih ada Houston Rockets, Golden State Warriors, Utah Jazz, dan Portland Trail Blazers. "Wilayah Barat pasti akan lebih seru," kata Erick.

Untuk Wilayah Timur, Erick menyebut Milwaukee Bucks dan juara bertahan Toronto Raptors masih menjadi unggulan. "Bucks masih akan tangguh dengan bintangnya saat ini, Giannis Antetokounmpo. Sedangkan, Raptors saya kira masih tetap kuat walau ditinggalkan bintangnya, Leonard," kata dia.

Selain mendatangkan sejumlah pemain bintang, ada klub NBA yang lainnya yang tidak jorjoran untuk mendatangkan pemain bintang. Mereka lebih memilih membangun timnya secara bertahap. Mengomentari hal tersebut, Erick menyatakan itu sah-sah saja.

"Itu tergantung kebijakan tim. Ada yang ingin membangun dengan cara cepat, dengan mengumpulkan pemain bintang, ada yang memilih membangun jangka panjang dengan merekrut pemain muda, ada juga yang perpaduan keduanya," ujar Erick.

Roster Lakers

1. Avery Bradley

2. Devontae Cacok

3. Kentavious Cadwell-Pope

4. Alex Caruso

5. Quinn Cook

6. DeMarcus Cousins

7. Troy Daniels

8. Anthony Davis

9. Jared Dudley

10. Danny Green

11. Aric Holman

12. Talen Horton Tucker

13. LeBron James

14. Kyle Kuzma

15. Javale McGee

16. Zach Norvell jr

17. Rajon Rondo

18. Lance Stephenson

Pelatih: Frank Vogel

Roster Clippers

1. Patrick Beverley

2. Wilson Chandler

3. Angel Delgado

4. Paul George

5. JaMychal Green

6. Maurice Harkless

7. Montrezl Harrell

8. Mfiondu Kabengele

9. Kawhi Leonard

10. Terance Mann

11. Rodney McGruder

12. Johnathan Motley

13. Jerome Robinson

14. Laundry Shamet

15. Sindarius Thornwell

16. Lou Williams

17. Ivica Zubac

Pelatih : Doc Rivers

Sumber: ESPN

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA