Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Barcelona, Klub Terboros di Eropa

Selasa 16 Jul 2019 09:31 WIB

Red: Budi Raharjo

Logo Barcelona FC

Logo Barcelona FC

Foto: fcbarcelonawallpapers.net
Sejak 2014 hingga 2019, Barcelona telah mengeluarkan 1,08 miliar euro.

REPUBLIKA.CO.ID, Stigma tentang Barcelona sebagai klub pemakai jasa akademi mulai tergerus. Perlahan-lahan Los Blaugrana terlihat realistis.

Dengan kekayaan yang mereka miliki, Barca lebih senang berbelanja pemain daripada menggunakan produk La Masia. Fakta menunjukkan, dalam lima tahun terakhir, Los Cules menjadi tim terboros.

Majalah Belanda, Voetbal International, merilis hal itu. Sejak 2014 hingga 2019, rakasasa La Liga itu telah mengeluarkan 1,08 miliar euro. Barcelona berada di garis depan meninggalkan tim-tim kaya raya seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG). Bahkan, Real Madrid hanya merogoh kocek sekitar 755 juta euro dalam rentang waktu yang sama.

Sejumlah nama masuk kamar ganti El Barca pada 2014 hingga 2019. Beberapa di antaranya berlabel bintang kelas dunia. Ada juga yang berstatus anak ajaib. Dimulai dari Luis Suarez. Pada 2014 lalu, Barca mendatangkan Suarez dari Liverpool.

Demi mengamankan tenaga penyerang Uruguay ini, klub raksasa Katalan itu mengeluarkan dana 82,3 juta euro (Rp 1,3 triliun). Suarez menjadi pembelian termahal dalam sejarah Barcelona hingga saat itu. Tidak sia-sia Blaugrana mengeluarkan dana selangit. Eks pemain Ajax Amsterdam itu selalu menjadi pilihan utama di lini depan.

Dalam lima musim, Suarez telah membela Barcelona dalam 247 laga di berbagai ajang dan mencetak 177 gol. Jagoan La Celeste itu sudah meraih semua gelar saat bermarkas di Camp Nou. Sesuatu yang sulit ia dapatkan ketika berkostum Ajax dan Liverpool.

Berlanjut ke Philippe Coutinho. Sama seperti Suarez, Barca mendatangkan Coutinho juga dari the Reds. Demi mengamankan tanda tangan jagoan Brasil itu, Blaugrana mengeluarkan mahar sebesar 142 juta poundsterling (Rp 2,5 triliun). "Barcelona dan Liverpool telah mencapai kesepakatan untuk transfer Coutinho," demikian laporan di laman resmi El Barca, beberapa waktu lalu.

Transfer tersebut terjadi pada Januari 2018. Coutinho melewati rekor Suarez sebagai pemain termahal Blaugrana. Di level global, sosok yang pernah berkostum Inter Milan ini hanya kalah dari Neymar.

Namun, penampilan Coutinho belum sesuai ekspektasi publik Camp Nou. Sejauh musim 2018/2019 berjalan, sang gelandang serang kerap dikritik penggemar sendiri.

Meski begitu, sang pesepak bola berusia 27 tahun baru saja membawa Brasil menjadi juara Copa America 2019. Ini modal berharga bagi yang bersang kutan untuk menjalani musim baru di Eropa.

Kemudian, ada nama Ousmane Dembele. Jagoan belia asal Prancis ini lebih dahulu menginjakkan kaki di Camp Nou daripada Coutinho. Namun, saat itu pemberitaan lebih terfokus kepada Coutinho. Dembele resmi berseragam Barcelona pada Agustus 2017.

Demi mendapatkan jasa sang wonderkid, Barca menyerahkan 105 juta euro (Rp 1,6 triliun) kepada Borussia Dortmund. Masih ada tambahan 40 juta euro (Rp 642 miliar) dalam bentuk bonus dan lain sebagainya. Sebuah perjudian. Saat itu Dembele baru berusia 20 tahun. Namun, kualitas teknik calon bintang Les Blues ini mulai diakui publik Camp Nou.

Tak jarang Dembele menggeser Coutinho ke bangku cadangan. Hanya saja, masih ada nilai minus dalam diri anak muda tersebut. Dembele kerap indisipliner saat berlatih. Kemudian, beberapa kali, yang bersangkutan masuk ruang perawatan karena cedera.

Seolah belum puas, Barca masih terus menghamburkan uangnya. Pada Januari 2019, klub tersebut sepakat membeli Frenkie de Jong. Dalam kesepakatan, De Jong baru bisa membela Barcelona pada musim panas 2019.

Demi mendatangkan gelandang tim nasional Belanda itu, Barcelona merogoh kocek hingga 75 juta euro (Rp 1,2 triliun). Tak ada pilihan lain selain melakukan hal itu. Sebab, De Jong juga diincar para elite Eropa yang memiliki dana melimpah.

Teranyar, Blaugrana baru saja mengaktifkan klausul pelepasan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Klub yang dipimpin Josep Maria Bartomeu itu menyerahkan 120 juta euro (Rp 1,9 triliun) kepada Atletico. Griezmann akan memakai nomor punggung 17 di Barcelona.

Masih ada beberapa nama yang didatangkan Barca dalam lima tahun terakhir. Namun, daftar harga Suarez cs sudah bisa menggambarkan betapa borosnya raksasa Katalan. Angka demikian bisa bertambah jika Blaugrana kembali memulangkan Neymar dari PSG. (frederikus bata ed: citra listya rini)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA