Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

PS Tira Persikabo Kalahkan Persija Melalui Drama Delapan Gol

Selasa 16 Jul 2019 18:14 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan

Pesepak bola Tira Persikabo Osas Saha (kiri) menguasai bola di bayangi pesepak bola Persija Jakarta Rezaldi Hehanusa (kanan) dalam laga Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/7/2019).

Pesepak bola Tira Persikabo Osas Saha (kiri) menguasai bola di bayangi pesepak bola Persija Jakarta Rezaldi Hehanusa (kanan) dalam laga Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/7/2019).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
PS Tira Persikabo menjadi tim yang belum pernah merasakan kekalahan di Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PS Tira Persikabo mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 5-3, dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia 2019 di Stadion Pekansari, Bogor, Selasa (16/7) sore WIB. Hasil ini membuat PS Tira Persikabo menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di kompetisi Liga 1 hingga pekan kesembilan.

Pertandingan berjalan menarik sejak kick-off. Persija yang menjadi tim tamu berinisiatif membuka serangan ke pertahanan tuan rumah PS Tira Persikabo. Hasilnya, di menit ke-6, Marko Simic membawa Persija unggul. Tuan rumah langsung merespon, tak butuh waktu lama, PS Tira Persikabo menyamakan kedudukan pada menit ke-9, melalui gol Loris Arnaud.

Persija kembali menekan melalui rangkaian serangan yang dibangun dari bawah. Namun, gelombang serangan yang diberikan belum mampu membobol gawang Tira Persikabo. Selain kekuatan lini bertahan Tira Persikabo, skuad Macan Kemayoran tampaknya tampak berkali-kali gagal dalam sentuhan akhir.

Terlalu asyik menyerang, Persija tampak kewalahan saat mendapat serangan balik. Loris Arnaud menjadi motor serangan PS Tira, yang memberi umpan ke Ciro Alves, sebelum diteruskan ke Osas Saha. Dengan mudah Osas Saha menceploskan bola ke gawang Persija yang dijaga oleh Shahar pada menit ke-21. PS Tira berbalik unggul 2-1 atas Persija.

Persija kemudian mencoba bangkit untuk menyamakan kedudukan. Riko Simanjuntak dengan lincahnya mampu lepas dari penjagaan lini belakang Persikabo dan berhasil menerobos ke kotak penalti. Dari sisi kiri gawang Riko lepaskan umpan ke sisi kanan gawang, Yogi dalam posisi siap untuk menyambut bola. Namun, Yogi yang tinggal membelokkan arah bola gagal menyuapkannya ke mulut gawang yang telah ditinggalkan Angga.

Gagal di kesempatan tersebut, Riko kembali mengobrak-abrik pertahanan lawan pada menit ke-29. Riko yang mampu bermain-main di kotak penalti itu akhirnya dilanggar. Wasit menunjuk titik putih sebagai ganjaran. Simic yang bertindak sebagai eksekutor berhasil merobek gawang Angga. Skor pun berubah imbang 2-2.

Menjelang akhir babak pertama, Ciro beberapa kali menunjukkan skill individu saat melancarkan serangan. Gelombang serangan terus diberikan oleh Tira Persikabo. Hingga pada menit ke-42, Rifad Marasabessy berhasil merobek gawang Shahar dengan tandukan saat menerima umpan dari Osas Saha. Shahar yang mati langkah hanya mampu menonton bola yang tidak dapat dijangkau. Babak pertama pun berakhir dengan skor 3-2, keunggulan bagi Tira Persikabo.

Tertinggal di babak pertama, Persija tampil lebih agresif dengan mengganti beberapa pemain. Sandi Sute digantikan oleh Heri Susanto dan Yogi Rahadian digantikan oleh Fitra Ridwan. Namun, Fitra yang baru diturunkan itu tidak lama berada di lapangan. Ia kembali digantikan oleh Bambang Pamungkas karena mengalami cedera.

Di tengah upaya menyamakan kedudukan, gawang Persija justru kembali kebobolan. Ciro Alves membawa PS Tira Persikabo unggul 4-2, melalui eksekusi tendangan penalti pada menit ke-57.

Pergerakan Ciro Alves dalam pertandinga  itu benar-benar merepotkan barisan pertahanan Persija. Ciro menjadi aktor dibalik gol ke lima PS Tira Persikabo ke gawang Persija. Ciro yang lepas dari penjagaan terus menerobos masuk ke sisi kiri gawang dan mengakhirinya dengan melepaskan umpan kepada Osas Saha.

Osas pun dengan mudah merobek gawang Shahar. Skor berubah menjadi 5-2. Macan Kemayoran akhirnya memperkecil kekalahan dengan skor 5-3, melalui gol dari Marko Simic. Melalui tendangan penalti, Simic mencetak gol ketiga dalam pertandingan tersebut. Namun, hat-trick Simic tetap tak mau menyelamatkan Persija dari kekalahan.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA