Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

The Minions Melaju ke Putaran Kedua Indonesia Open

Selasa 16 Jul 2019 20:39 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Markus/ Kevin mengalahkan pasangan asal Jepang di babak pertama Indonesia Open.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan ganda putra Indonesia, Markus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil melangkah ke putaran kedua Indonesia Open 2019. Pasangan yang dijuluki the Minions itu mengalahkan pasangan asal Jepang Yuki Kaneko/ Takuto Inoue di babak pertama lewat rubber set dengan skor 20-22, 21-16, dan 21-14.

Baca Juga

Markus/ Kevin sempat tertinggal di awal set pertama, Tensi permainan tak pernah kendur karena kedua pasangan saling kejar mengejar angka sejak awal. Markus baru berhasil mengejar jelang interval set pertama.

Indonesia yang memiliki postur lebih kecil, membuat Markus/Gideon bermain lebih trengginas dengan mengandalkan netting untuk melemahkan kekuatan lawan. Sementara, Jepang lebih mengutamakan smash keras untuk menangani rally panjang yang dilancarkan Markus/Gideon.

Kejar-mengejar angka terus terjadi hingga set pertama akan berakhir. Sebab, kedua pasangan tak pernah berselisih lebih dari tiga angka. Sayangnya, rally panjang justru menjadi senjata makan tuan bagi the Minions.

Jepang mengalirkan bola menjauh ke sisi lapangan sehingga Markus/ Gideon gagal mengantisipasi bola yang terlalu jauh dari jangkauan. Set pertama berakhir dengan skor 20-22.

Di set kedua, kesalahan Markus/ Gideon kembali terulang karena gagal menggunakan netting sebagai strategi utama. Belajar dari itu, markus mencoba bermain lebih ringkas dengan rentetan smash untuk mempersingkat rally.

Strategi itu terbukti berhasil karena the Minions akhirnya mampu menjaga jarak empat poin dalam 15 menit pertama set kedua. Markus/ Gideon yang mengalirkan bola smash ke kiri dan ke kanan memaksa Jepang harus susah payah membendungnya.

Kaneko/Inoue bahkan sempat tertinggal lima poin dan tampak kelelahan hingga akhirnya markus berhasil memenangkan set kedua dengan skor 21-16. Set ketiga berjalan dengan tempo lebih lambat di awal set. Kedua pasangan sama-sama mengulur waktu dengan saling berbalas bola tanggung.

Kendati demikian, the Minions lebih menguasai jalannya set ketiga dengan beberapa kali melancarkan drop shot yang mematikan langkah lawan.  Kemenangan berpihak pada atlet Indonesia. Dengan kemenangan ini, the Minions bakal bertemu dengan pasangan asal India, Rankireddy/ Shetty di putaran kedua.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA