Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Tommy Sugiarto Gagal Atasi Chen Long

Rabu 17 Jul 2019 14:15 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Pemain tunggal putra, Tommy Sugiarto

Pemain tunggal putra, Tommy Sugiarto

Foto: Humas PBSI
Tommy harus takluk dengan skor 20-22, 21-14, dan 17-21 dari unggulan lima asal China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto gagal mengatasi unggulan kelima asal China, Chen Long di putaran pertama Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (17/7). Pebulu tangkis peringkat 17 BWF itu harus takluk dengan skor 20-22, 21-14, dan 17-21.

Tommy langsung unggul di awal gim pertama. Smash dan netting yang dihadirkan Tommy mampu menjaga kedudukan hingga sempat unggul 6 angka di interval pertama.

Namun, Keunggulan tidak bertahan lama karena stamina Tommy yang terlihat menurun sehingga dimanfaatkan Chen Long demgan smash keras beruntun. Tommy juga kerap memberikan bola tanggung yang disiasati Chen Long untuk perlahan-lahan memangkas defisit angka.

Sadar jarak angka semakin sempit, Tommy menjaga tensi permainan dengan tembakan pelan. Beberapa reli panjang pun apik diatasi Tommy dengam kombinasi smash keras menjauhi jangkauan Chen Long.

Jelang gim pertama berakhir, kedua pemain bermaim dengan tempo yang lebih lambat untuk menjaga jarak angka yang semakin tipis. Chen Long lebih jeli melihat celah kelemahan Tommy, ia menggiring bola ke sisi lapangan untuk membuat Tommy semakin kewalahan. Puncaknya, dropshot Chen Long berhasil mengakhiri keunggulannya di gim pertama dengan skor 22-20.

Pada gim kedua, Tommy belajar dari kesalahan dan berhasil unggul lebih dulu. Dengan pukulan yang lebih matang, ia mampu menuntaskan reli panjang dengan smash yang mengarah ke sudut sempit.

Selain itu, Tomny juga menjaga keunggulan yang tak mampu dikejar oleh lawan. Gim kedua berakhir dengan kemenangan Tommy secara meyakinkan, 21-14.

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, gim ketiga diawali tempo permainan yang lambat dari kedua pemain. Baik Chen Long maupun Tommy cenderung bermain aman dengan bola-bola atas.

Chen Long mampu mengatasi permainan lawannya yang semakin kewalahan. Kendati demikian, Tommy terus melakukan determinasi untuk menghalau laju serangan musuh.

Chen Long yang tak ingin skornya dibalap terus menggiring Tommy menjauh dari tengah lapangan. Beberapa kali Tommy sempat terjatuh untuk menyambut aliran bola Chen Long. Keberuntungan tidak berpihak pada Tommy karena Chen Long mampu menjaga keunggulan hingga rubber gim dengan skor 21-17.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA