Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Magnet Baru El Clasico

Kamis 18 Jul 2019 09:20 WIB

Red: Budi Raharjo

Eden Hazard

Eden Hazard

Foto: EPA/Rodrigo Jimenez
Duel El clasico, Hazard dan Griezmann diharapkan jadi regenerasi Ronaldo dan Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Laga klasik atau El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona menjadi tontonan paling dinantikan para pencinta sepak bola, khususnya La Liga Spanyol, dari masa ke masa. Sedekade terakhir ini El Clasico menjadi ajang unjuk gigi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Kini regenerasi pemain baru muncul, yakni Eden Hazard dan Antoine Griezmann. Hazard menjadi suksesor Ronaldo yang selama ini berkontribusi besar terhadap Real Madrid, sedangkan Griezmann bakal menjadi penerus Lionel Messi yang merupakan ikon Barcelona yang mendunia.

Ronaldo dan Messi melakoni 36 laga El Clasico di semua kompetisi. Dari total laga tersebut, salah satu dari Messi atau Ronaldo pasti akan bertanding.

Messi memimpin dalam hal produktivitas dengan 26 gol dan 14 assist dari 38 laga. Sedangkan, Ronaldo memegang rekor mencetak gol dalam hal mencetak gol dalam enam pertandingan berturut-turut yang semuanya pada 2012. Total CR7 telah mencetak 18 gol ke gawang Barca dengan total main sebanyak 30 pertandingan.

Seiring kepergian Ronaldo ke Juventus, rivalitasnya dengan Messi tak bisa disaksikan lagi. Kehadiran Hazard ke Real Madrid menjadi magnet baru El Clasico, tapi bukan head-to-head dengan Messi, melainkan Griezmann. Hazard dan Griezmann diharapkan mampu menaikkan pamor El Casico yang kini turun drastis.

Real Madrid juga mulai bermanuver menjelang bergulirnya La Liga Spanyol musim 2019/2020. Presiden Real Madrid Florentino Perez berbelanja pemain baru demi mempertajam skuatnya yang kini dipimpin Zinedine Zidane. Kembalinya Zidane memang menjadi magnet bagi sejumlah pemain untuk merapat ke ibu kota Spanyol, Madrid.

Tak butuh waktu lama, Zidane kembali menduduki kursi pelatih dan Real Madrid langsung menggelontorkan total 300 juta euro, sekitar Rp 5,2 triliun, demi mengikat lima pemain yang diinginkan Zizou, sapaan akrab Zidane. Pembelian pertama adalah Rodrygo Goes (Santos), lalu Eder Militao (FC Porto), Luka Jovic (Eintracht Frankfrut), Ferland Mendy (Olympique Lyon), dan yang termahal adalah Hazard dari Chelsea dengan mahar sebesar 100 juta euro.

Tentunya keberadaan Hazard, Luka Jovic, dan Karim Benzema di lini depan El Real dapat menambah daya ledak tim. Terlebih, Hazard tampil impresif selama memperkuat klub lamanya, Chelsea. Berseragam the Blues, ia tercatat mencetak 110 gol dan menyumbangkan 92 assist dari 352 penampilan di semua kompetisi.

Sebelumnya, dalam wawancara bersama wartawan, Hazard mengaku tumbuh besar dengan menjadi suporter Real Madrid. Oleh karena itu, wajar jika ia sangat mengidolakan Zidane. Dengan demikian, pemain asal Belgia berharap dirinya mampu memberikan yang terbaik untuk bisa mendapatkan prestasi bagi Los Blancos. "Saya berharap bisa mencatatkan sejarah bersama klub ini," kata Hazard.

Sementara, rekan setim Hazard sekaligus kapten tim, Sergio Ramos, mengaku senang dengan rekrutan Real Madrid. Ia percaya kehadiran Hazard dapat membangun kembali kekuatan si Putih. "Saya pikir ini rekrutan yang bagus. Dia adalah pemain kelas dunia, itu bagus untuk menambah kekuatan skuat,” ujar Ramos.

photo
Antoine Griezmann


Upaya Real Madrid untuk menghidupkan kembali asa mereka menjuarai kompetisi La Liga dan bersaing di Liga Champions juga ditanggapi oleh Barca. Kesebelasan asal Katalan itu tak mau tinggal diam dan memilih memboyong bintang Atletico Madrid, Griezmann.

Secara kasatmata, Barca masih memiliki mesin gol ganas di lini depan bersama Luis Suarez, Ousmane Demble, dan tentunya La Pulga. Namun, dalam kurun waktu tiga musim terakhir, perjalanan mereka di Liga Champions selalu kandas. Alhasil, misi pasukan Ernesto Valverde pun lebih pada mempertajam lini depan mereka, dan mendatangkan Griezmann merupakan upaya tepat bagi mereka kembali menjuarai trofi si Kuping Besar.

Griezmann diikat Barca dengan biaya mencapai 120 juta euro, sekitar Rp 1,8 triliun. Kehadiran penyerang berdarah Prancis itu akan menciptakan kekuatan baru di Barcelona bersama dengan Messi dan Suarez di lini depan.

Bukan hanya persaingan lini depan yang menarik untuk disimak pada laga El Clasico musim depan. Duel lini tengah juga patut menjadi sorotan karena Barcelona telah resmi mengikat Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam.

Kehebatan pemain muda asal Belanda itu tak perlu dipertanyakan. Dirinya telah membuktikan dengan menyingkirkan Madrid dari kompetisi Liga Champions musim lalu. Bersama Sergio Busquets, Arturo Vidal, Arthur Melo, ataupun Ivan Rakitic, De Jong dianggap menjadi kartu as baru untuk tim yang bermarkas di Camp Nou.

Real Madrid tentunya akan kembali dalam formasi 4-3-3 milik Zidane. Meski belum ada keputusan resmi siapa saja pemain yang akan mengisi posisi utama, lini depan dapat dipastikan bakal diisi oleh Eden Hazard, Benzema, dan Jovic.

Sementara, Ernesto Valverde diprediksi akan mengubah taktik yang ia gunakan dari 4-4-2 menjadi 4-3-3 atau 4-2-3-1. Dalam modul pertama (4-3-3), Griezmann akan ditempatkan di sektor sayap depan sebelah kiri, ditemani Suarez menjadi poacher dan Messi di sebelah kanan. Trisula Messi, Suarez, dan Griezmann dinantikan pada musim 2019/2020. n anggoro pramudya, ed: citra listya rini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA