Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Ini Lima Klub Pemilik Lini Tengah Terbaik di Eropa

Jumat 19 Jul 2019 01:47 WIB

Rep: Nugroho Habibie/ Red: Bayu Hermawan

Logo baru Manchester City

Logo baru Manchester City

Foto: joe.co.uk
Manchester City menjadi salah satu klub yang punya lini tengah terbaik di Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City telah mendapatkan gelandang bertahan Rodri dari Atletico Madrid. Perekrutan ini membuat klub besutan Josep Guardiola itu disebut-sebut sebagai salah satu klub yang mempunyai lini tengah terbaik di Eropa.

Baca Juga

City rela mengaktifkan klausul rilis untuk pemain 23 tahun itu. Tak main-mian, The Citizen menebus Rodri dengan mahar 62,6 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,11 triliun.

Guardiola memang dikenal sebagai pelatih yang mengedepankan penguasaan bola. Sejak mengani Barcelona pada tahun 2008, pelatih berkebangsaan Spanyol itu terus melahirkan pemain tengah terbaik dunia, misalnya, Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Hingga Tiago Alcantara.

Saat menagani Mancester City pada musim 2017/2018, Guardiola menciptakan trio lini tengah yang menakutkan, yakni Fernandinho, David Silva dan Kevin De Bruyne. Pada pemain pelapis, Guardiola masih memiliki Ilkay Gundogan dan Bernardo Silva yang diplot ke tengah pada saat De Bruyne cidera.

Lini tengah City hanya kurang pelapis untuk menggantikan peran Fernandinho. Karena itu, Guardiola mendatangkan Rodri pada jendela transfer musim ini.

Jika ditotal, harga lini tengah Mancester City mencapai hampir 240 juta poundsterling atau Rp 4,19 triliun. Namun, harga itu dinilai sepadan dengan peran penting lini tengah untuk klub.

Selain Manchester City, Seperti Dikutip dari Fox News, Rabu (17/7), masih terdapat tim lain di daratan Eropa yang memiliki lini tengah terbaik dunia. Berikut daftarnya:

Real Madrid

Kejayaan lini tengah Real Madrid terbukti pada raihan tiga kali gelar Liga Champions. Di bawah asuhan Zinedine Zidane, lini tengah awal Madrid yang dihuni Luka Modric, Toni Kroos dan Casemiro sangat tangguh.

Trio lini tengah Madrid menjadi kunci keberhasilan di tiga final berturut-turut. Modric dan Casemiro bermain penuh dalam membantu mencetak sejarah gelar liga Champions. Sedangkan, Kroos hanya absen selama 49 dari 300 menit.

Modric, akhirnya diganjar Ballon d'Or pada tahun 2018. Meskipun sudah mulai menurun, pemain berusia 33 tahun itu belum tergantikan di skuat inti.

Selain itu, Madrid masih memiliki sejumlah pemain pelapis, diantaranya, Dani Ceballos dan Federico Valverd. Kemudian, Isco juga masih bisa menjadi pilihan.

Sejauh ini, Madrid terus dikaitkan dengan kepindahan gelandang Mancester United, Paul Pogba. Namun, Los Blancos, disebut masih menunggu proses penjualan James Rodriguez, yang untuk membiayai pembelian Pogba.

Juventus

Beberapa tahun lalu, Juventus sempat memiliki lini tengah yang menakjubkan. Pada waktu itu, lini tengah Juventus dihuni nama besar seperti, Andrea Pirlo, Paul Pogba, Arturo Vidal dan Claudio Marchisio.

Meskipun tak ada lagi nama yang tersisa, Si Nyonya Tua masih disebut sebagai salah satu klub pemilik lini tengah terbaik. Saat ini, Juve memiliki tujuh nama pemain tengah.

Sami Khedira, Emre Can, Adrien Rabiot dan Aaron Ramsey diantara tujuh pemain tengah yang didatangkan dengan status bebas transfer. Kemudian, ditambah dengan Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic dan Blaise Matuidi.

Barcelona

Barcelona sempat menjadi klub dengan lini tengah terbaik dunia saat Xavi dan Andres Iniesta berada di puncak karirnya. Meskipun dua gelandang legenda itu tidak lagi di klub, Barcelona masih memiliki lini tengah yang fantastis.

Selama satu dekade, Sergio Busquets menjadi gelandang bertahan terbaik yang dimiliki Barcelona. Pemain berusia 30 tahun itu diprediksi masih dapat level terbaiknya untuk beberapa tahun kedepan.

Barcelona juga memiliki gelandang berpengalaman seperti Ivan Rakitic dan Arturo Vidal. Selain itu, tim asal Catalan baru saja mendatangkan pemain muda seprti Arthur dan Frenkie De Jong.

Belum lagi masih ada nama Philippe Coutinho yang dapat bermain dimainkan di banyak posisi. Namun, Coutinho dikabarkan akan di jual pada musim ini.

Tottenham

Tottenham baru saja memecahkan tranfer klub setelah mendatangkan Tanguy Ndombele dari Olympique Lyon. Tottenham harus merogoh kocek sebesar 55 juta poundsterling atau 954 triliun.

Sebelum mendatangkan Tanguy Ndombele, Tottenham memiliki Christian Eriksen dan Dele Alli. Keduanya hanya seharga 16 juta poundsterling atau Rp 277 miliar.

Keduanya telah menjelma menjadi pemain tengah terbaik dunia. Alli dan Eriksen telah berkontribusi dalam 108 gol dan 118 assist untuk Spurs.

Selain itu, Spurs masih memiliki Harry Winks, Moussa Sissoko, Eric Dier dan Victor Wanyama sebagai pemin pelapis. Terbaru, tim besutan Mauricio Pottecino berencana mendatangkan Dani Ceballos dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA