Sabtu, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Sabtu, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Menanti Pemecahan Rekor Bek Termahal

Sabtu 20 Jul 2019 18:14 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi

Bek Leicester City, Harry Maguire.

Bek Leicester City, Harry Maguire.

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Virgil van Dijk masih tercatat sebagai bek paling mahal di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Pada pertengahan musim 2017/2018, Liverpool resmi mendatangkan virgil van dijk dari Southampton dengan nilai transfer mencapai 75 juta poundsterling. Hingga kini, dengan nilai transfer tersebut, Van Dijk masih tercatat sebagai bek paling mahal di seluruh dunia.

Namun, rekor ini diperkirakan hanya bertahan satu setengah tahun. Adalah bek tengah Leicester City, harry maguire , yang digadang-gadang bakal memecahkan rekor tersebut. Ia dirumorkan akan menggantikan Van Dijk sebagai bek termahal sedunia pada bursa transfer musim panas kali ini.

Penampilan apiknya saat mengantarkan timnas Inggris ke babak semifinal Piala Dunia 2018 membuat nilai jual Maguire melambung. Dua klub asal Manchester, Manchester United dan Manchester City, disebut-sebut sebagai dua klub yang paling bernafsu mendapatkan tanda tangan bek tengah berusia 26 tahun tersebut.

Dalam perburuan tanda tangan Maguire itu, Manchester United dikabarkan berada di urutan terdepan. Bahkan United siap merogoh kocek sedalam 70 juta poundsterling, atau hanya berselisih lima juta pound dari nilai transfer Van Dijk, demi bisa merekrut Maguire dari The Foxes.

Kebutuhan mendapatkan bek tengah yang tangguh dan bisa diandalkan, membuat Setan Merah berani jor-joran demi bisa mendapatkan Maguire. Pemain ini dianggap telah berpengalaman tampil di pentas liga primer inggris .

Kendati begitu, tawaran 70 juta poundsterling dari United ini belum memuaskan The Foxes. Seperti dilansir BBC, Leicester menilai penawaran 70 juta poundsterling dari United itu masih belum memenuhi valuasi internal The Foxes terhadap mantan bek Hull City tersebut.

Pelatih Leicester City, Brendan Rodgers, mengakui klubnya telah mendapatkan dua penawaran dari klub besar untuk bisa merekrut Maguire. Namun, dua penawaran dari dua klub besar tersebut masih belum memenuhi valuasi dari manajemen Leicester.

''Harry adalah pemain top dengan kualitas luar biasa. Dua klub besar telah melayangkan penawaran, tapi tidak ada yang bisa membuat kami tertarik untuk melepasnya,'' tutur Rodgers, seperti dikutip Leicester Mercury, tengah pekan ini.

Eks pelatih Liverpool itu menambahkan, pihaknya tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil keputusan terkait penjualan pemain yang masih memiliki kontrak bersama Leicester City hingga 2023 tersebut. The Foxes, tutur Rodgers, tidak memiliki urgensi apapun untuk melepas Maguire. Rodgers pun menegaskan, meski dikabarkan bakal berganti klub pada bursa transfer musim panas kali ini, tapi Maguire akan tetap bersikap profesional dalam membela The Foxes.

Saat ini, Maguire telah bergabung dengan rekan-rekan setimnya di Leicester dan menjalani latihan pra-musim. Bahkan, Maguire sempat diturunkan sebagai pemain pengganti saat Leicester memetik kemenangan 1-0 atas Scunthorpe United di laga uji coba pada tengah pekan ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA