Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Klopp Enggan Alihkan Fokus ke Manchester City

Jumat 19 Jul 2019 17:44 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Liverpool Juergen Klopp

Pelatih Liverpool Juergen Klopp

Musim lalu, Liverpool jadi pesaing terberat City dalam perebutan titel Liga Primer.

REPUBLIKA.CO.ID, INDIANA -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, tidak ambil pusing dengan persiapan yang tengah dilakukan Manchester City atau pun rival-rival di Liga Primer Inggris. Kendati begitu, pelatih asal Jerman itu mengakui, City masih menjadi kandidat terkuat untuk bisa meraih titel Liga Primer pada musim depan.

Pada musim lalu, Liverpool menjadi pesaing terberat City dalam perebutan titel Liga Primer. Akhirnya, the Reds harus puas mengakhiri kompetisi musim lalu di peringkat kedua lantaran tertinggal satu poin dari City yang sukses mempertahankan titel Liga Primer.

Di Liga Primer musim depan, pertarungan antara Liverpool dan Manchester City diperkirakan bakal kembali terulang. Berbagai persiapan dilakukan oleh kedua tim, termasuk dengan tur pramusim yang dilakukan Liverpool di Amerika Serikat. Klopp mengaku, tidak mau mengalihkan fokus pada persiapan yang dilakukan City. Meski begitu, eks pelatih Borussia Dortmund itu menilai, City masih menjadi favorit juara di Liga Primer musim depan.

''Saya hanya fokus pada Liverpool. Benar-benar fokus. Akan sangat luar biasa jika kami bisa kembali bersaing dengan mereka pada musim depan karena itu jadi satu-satunya cara untuk bisa melewati level mereka. Sudah jelas, mereka masih menjadi favorit utama, tapi itu tidak masalah buat kami,'' ujar Klopp kepada Sky Sports, Jumat (19/7).

Klopp menambahkan, berdasarkan dari apa yang ditampilkan City pada musim lalu, kekuatan terbesar the Citizens adalah determinasi dan rasa lapar akan raihan gelar. Namun, Klopp menilai, semua kemampuan City itu tidak akan maksimal jika the Reds tidak memberikan perlawanan yang sengit pada sepanjang musim lalu.

''Kami terus berkejar-kejaran satu sama lain, dan terus menekan satu sama lain. Semua itu membuat mereka bisa mengumpulkan 98 poin, dan kami bisa mengoleksi 97 poin pada akhir musim,'' kata Klopp.

Di klasemen akhir Liga Primer musim lalu, Liverpool mampu unggul hingga 25 poin dari peringkat ketiga, Chelsea. Selisih ini menunjukkan jarak yang cukup besar antara Manchester City dan Liverpool dengan kontestan Liga Primer lainnya.

Namun, Klopp menyatakan, Liga Primer Inggris bakal tetap menjadi kompetisi yang sulit. Ini karena semua tim akan memulai dari awal lagi. "Tidak ada lagi duel antara City dan Liverpool karena semua tim akan melihat kepada kami. Liga Primer tidak seperti itu, semua laga di kompetisi ini benar-benar sulit,'' jelas pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA