Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Kapten Baru Manchester United

Rabu 24 Jul 2019 08:56 WIB

Red: Budi Raharjo

David De Gea

David De Gea

Foto: AP Photo/Jon Super
Kontrak baru akan menobatkan De Gea sebagai kiper bergaji tertinggi di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, NANJING -- David de Gea menegaskan siap menandatangani kontrak baru berdurasi enam tahun bersama Manchester United. Syaratnya, kiper jangkung tersebut menjabat ban kapten tim. Walaupun belum secara resmi memperbarui kontrak, pemain berusia 28 tahun itu disebut-sebut akan menjadi kiper dengan gaji termahal di dunia, yakni sekitar 375 ribu poundsterling atau sekitar Rp 6,5 miliar per pekan.

Jika diakumulasikan selama enam tahun bersama Manchester United, De Gea akan diganjar dengan bayaran 117 juta poundsterling atau Rp 2 triliun. Gaji itu naik signifikan dari gaji sebelumnya sebesar 200 ribu poundsterling atau Rp 3,4 miliar per pekan.

Kontrak baru akan menobatkan De Gea sebagai kiper bergaji tertinggi di dunia. De Gea sempat dikabarkan menolak tawaran kontrak yang diajukan Manchester United. Alasannya, gaji yang ditawarkan masih jauh di bawah bayaran Alexis Sanchez, 500 ribu poundsterling atau Rp 8,7 miliar per pekan.

Pelatih Iblis Merah Ole Gunnar Solskjaer pun memberikan kabar positif atas negosiasi klub dan kiper andalannya tersebut. ''Seperti yang saya katakan beberapa kali, saya pikir itu terserah De Gea dan klub untuk mengumumkannya jika itu (perpanjangan kontrak) terjadi,'' kata Solskjaer, dikutip dari Sky Sports, Selasa (23/7).

Meski belum diumumkan secara resmi, De Gea sudah memberikan sinyal akan bertahan lama di Old Trafford. Sebab, pemain berkebangsaan Spanyol tersebut sudah bertekad ingin menjadi kapten utama tim. Apalagi, Solskjaer sedang mencari kapten baru untuk memimpin skuatnya di lapangan setelah Antonio Valencia meninggalkan klub akhir musim 2018/2019 lalu.

Beberapa kandidat pun muncul, seperti Paul Pogba, Chris Smalling, Ashley Young, hingga De Gea. Namun, De Gea menjadi calon terkuat mengingat ia telah sembilan tahun membela Iblis Merah sejak bergabung dari Atletico Madrid pada 2011. De Gea juga telah merumput sebanyak 362 kali bersama Manchester United.

De Gea siap mengambil tanggung jawab yang lebih besar di Old Trafford dan memimpin skuat muda Solskjaer. Apalagi, ia juga sempat merasakan beberapa kali ditunjuk sebagai kapten. ''Tentu saja sangat luar biasa menjadi kapten klub seperti Manchester United,'’ ujar De Gea.

Setelah sembilan musim membela Manchester United, De Gea merasa sebagai salah satu pemain paling berpengalaman di timnya. Ia menyatakan perlu menunjukkan pengalaman itu di lapangan dan membantu pemain muda mengetahui arti menjadi pemain Manchester United dan itu sangat penting.

''Saya akan senang, sangat senang menjadi kapten. Saat Anda dipercaya memegang //badge// ini, artinya berjuang untuk segalanya, memberikan yang terbaik, dan membawa tim kembali ke posisi teratas,'' kata De Gea.

Kabar kesepakatan ini pun mematahkan sejumlah rumor kepergian De Gea dari Manchester United. Musim lalu, De Gea merupakan salah satu kiper yang santer diberitakan akan bergabung Real Madrid.

Akan tetapi, Manchester United harus mempertahankan kiper andalannya itu mati-matian agar tak tergoda ke Santiago Bernabeu. Beruntung, El Real mampu membajak Thibaut Courtois dari Chelsea yang membuat mereka menghentikan pengejaran De Gea.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA