Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Jelang IBL 3x3 Seri Bandung, Pelita Jaya Mantapkan Chemistry

Kamis 25 Jul 2019 00:36 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Para pemain Pelita Jaya Jakarta di Gojek IBL 3x3 2019.

Para pemain Pelita Jaya Jakarta di Gojek IBL 3x3 2019.

Foto: Dok IBL
Pelita Jaya sudah dua kali tampil di final.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- IBL Gojek 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019 sudah berjalan tiga seri. Akhir pekan ini, turnamen yang diikuti 10 tim elite IBL ini akan berlanjut ke Kota Bandung, tepatnya pada 27-28 Juli 2019 di Paskal Shopping Center.

Selain SM Pertamina dan Stapac Jakarta yang sudah pernah lolos ke babak final 3x3 pada tiga seri yang lalu, Pelita Jaya Jakarta juga melakukan hal serupa. Pelita Jaya sudah dua kali tampil di final. Bahkan pada seri pertama Reggie Mononimbar dkk berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan SM Pertamina. 

Seri kedua mereka berhasil kembali ke final, namun dikalahkan SM Pertamina. Di seri ketiga Jogja, Pelita Jaya menurun tak mampu ke final, gagal lolos dari penyisihan grup.

Mengenai tren yang terus menurun ini, Reggi mengaku karena ada perubahan komposisi dalam roster pemain sehingga perlu penyesuaian lagi. "Mungkin faktor di ganti roster pemain sehingga chemistry pemain atau kekompakan sedikit berubah dari seri sebelumnya," kata dia, Rabu (24/7).

Permasalahan bertambah karena salah satu pemain Pelita Jaya, yakni Govinda mengalami cedera jari. Akibatnya berpengaruh besar kepada tim. Pelita Jaya sampai tak lolos dari penyisihan grup pada Seri Jogja.

Untuk seri selanjutnya menurut Reggie, persiapan lebih ke pendekatan kekompakan antarpemain di roster yang sama. "Selebihnya seperti latihan biasa. Untuk persaingan semua tim sangat bersaing dan berpeluang untuk juara seri berikutnya," ujar Reggie.

Hingga seri ketiga, baru satu tim yang sudah memastikan lolos ke fase grand final, yakni SM Pertamina yang kokoh di puncak dengan nilai 333. Dari sepuluh tim yang ikut ambil bagian nanti, delapan tim akan lolos ke grand final. Tim yang juara di grand final berhak dikirim ke kejuaraan 3x3 internasional di Jeddah, Arab Saudi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA