Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Mantan Pelatih Maroko Tangani Arab Saudi

Selasa 30 Jul 2019 05:58 WIB

Red: Israr Itah

Herve Renard

Herve Renard

Foto: AP Photo/Sunday Alamba
Renard sebelumnya lebih banyak dikenal sebagai spesialis timnas negara-negara Afrika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih kawakan asal Prancis Herve Renard yang baru saja mengundurkan diri dari tim nasional Maroko usai gagal di Piala Afrika 2019 mengumumkan mengambil tantangan baru dengan menangani Arab Saudi. Ia mengungkapkan kegembiraan bisa memulai petualangan baru di Benua Asia melalui akun Twitter pribadinya, @Herve_Renard_HR, Selasa (30/7) dini hari WIB, .

"Senang bisa memulai petualangan baru di Arab Saudi, di benua baru!" demikian cicit Renard sembari membubuhkan gambar bendera Arab Saudi.

Renard sebelumnya lebih banyak dikenal sebagai spesialis timnas negara-negara Afrika. Ia membawa Zambia juara Piala Afrika 2012 dan Pantai Gading pada turnamen yang sama tiga tahun kemudian.

Setelah sukses mengantarkan Maroko lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, Renard dianggap bakal membawa Kawanan Singa Atlas itu jadi salah satu favorit juara Piala Afrika 2019 di Mesir.

Harapan itu semakin membesar usai Maroko dibuatnya melewati fase penyisihan grup dengan menyapu bersih kemenangan tiga pertandingan. Namun langkah Hakim Ziyech dkk malah dihentikan oleh Benin dalam babak 16 besar lewat adu penalti. Sepuluh hari berselang usai kekalahan itu, Renard segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih kepala Maroko.

Arab Saudi sebelumnya ditangani pelatih kepala asal Argentina, Juan Antonio Pizzi, yang sejak November 2017 yang mendampingi Pasukan Elang Hijau dalam Piala Dunia 2018.

Hasil buruk di Piala Asia 2019 ketika dihentikan Jepang di babak 16 besar membuat Pizzi mundur. Federasi Sepak Bola Arab Saudi menunjuk Youssef Anbar sebagai pelatih sejak Maret 2019 hingga akhirnya Renard tiba.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA