Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Usai Pensiun, Evra Kejar Lisensi Pelatih dari UEFA

Selasa 30 Jul 2019 15:05 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Patrice Evra

Patrice Evra

Foto: EPA/GUILLAUME HORCAJUELO
Evra termotivasi dari ucapan pelatih legenda MU Sir Alex Fergurson.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Setelah 20 tahun menjalani karier sebagai pesepak bola, Patrice Evra, akhirnya mengumumkan pensiun. Mantan bek Manchester United (MU) tersebut mengakhiri kiprahnya di usia 38 tahun.

Evra telah membela beberapa klub sebelum pensiun, mulai dari Nice, Monaco, MU, Juventus, Marseille, dan West Ham. Evra, yang telah membawa MU meraih 10 gelar itu pun menjadi salah satu penggawa andalan tim nasional Prancis.

''Jujur saja, itu keputusan yang mudah untuk diambil. Saya merasa diberkati dan benar-benar bersyukur setiap hari tentang apa yang telah saya raih,'' ujar Evra dikutip dari Sky Sports, Selasa (30/7).

Walaupun Evra mengaku sedikit emosional mengumumkan keputusannya itu, tapi ia merasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk pensiun. Dirinya bahkan sempat bercanda masih terlihat muda walau usianya sudah hampir menginjak kepala empat. Tapi ia menyatakan saat ini sudah waktunya generasi baru mulai beraksi. ''Saya mengikuti insting, saya hanya ingin berhenti sekarang. Saya bahagia,'' jelas dia.

Pemain asal Prancis itu mengatakan, ia mulai berlatih untuk karier kepelatihan. Evra bahkan berniat untuk mendapatkan lisensi A UEFA. Namun butuh waktu satu tahun sebelum akhirnya bisa menjalani karier kepelatihan secara penuh.

Bahkan, Evra telah mulai pelatihan lisensi B UEFA sejak 2013. ''Saya ingin menyelesaikannya dan berusaha mendapatkan Lisensi A UEFA,'' jelas dia.

Evra termotivasi dari ucapan pelatih legenda MU Sir Alex Fergurson. Saat itu Fergie mengungkapkan bahwa akan ada dua pemainnya yang menjadi pelatih besar, yakni dirinya dan Ryan Gigs. Tersanjung oleh pujian tersebut, Evra pun mulai mempersiapkan diri. Ia tidak ingin menjadi pelatih instan. Sehingga, sambil menunggu Lisensinya keluar, Evra mulai bekerja di TV dan dengan brand miliknya sendiri.

''Saya senang membuat orang bahagia dan tertawa. Tapi saat saya bekerja, saya tahu harus fokus,'' kata Evra.

Pemain yang berposisi di bek kiri tersebut menghabiskan waktu delapan musim di Old Trafford. Ia memenangkan lima gelar Liga Primer Inggris, tiga Piala Liga, dan Liga Champions. Evra juga memenangkan dua gelar Serie A Italia di Juventus dan Piala Prancis bersama Monaco.

Evra pun telah tampil sebanyak 81 pertandingan bersama tim nasional Prancis antara 2004 dan 2016. Ia berlaga dalam dua event Piala Dunia dan tiga Piala Eropa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA