Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Bos Yamaha Sudah Siapkan Pengganti Valentino Rossi

Kamis 25 Jul 2019 07:07 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Endro Yuwanto

Valentino Rossi

Valentino Rossi

Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Kepopuleran MotoGP tak akan berhenti seandainya Rossi memutuskan pensiun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penampilan yang buruk pada paruh musim MotoGP 2019 membuat Valentino Rossi menjadi sorotan. Banyak pihak telah menyarankan agar ia segera pensiun mengingat usianya yang telah menginjak 40 tahun.

The Doctors, julukan Rossi, dinilai tak mampu lagi bersaing dengan pembalap-pembalap berusia muda lain, seperti Marc Marquez dan Maverick Vinales. Ditambah motor M1 milik Yamaha yang tak kunjung terselesaikan masalahnya.

Bos Yamaha, Lin Jarvis bahkan sudah menyebut bahwa masa depan Rossi tak lagi berada di tim Monster Energy Yamaha. Ia mengatakan, telah menemukan pengganti pembalap asal Italia tersebut.

"Pengganti Valentino Rossi sudah ada, kami tidak akan mempertahankan Valentino Rossi untuk selanjutnya," ujar Jarvis dilansir dari Marca, Kamis (25/7).

Jarvis menjelaskan, kepopuleran MotoGP tak akan berhenti seandainya Rossi memutuskan pensiun. Ia melihat persaingan para pembalap saat ini sangat kompetitif dan tak lagi berpusat pada satu pembalap saja. "Kualitas persaingan MotoGP kini sangat kuat. Ada enam pabrikan peserta, banyak perusahaan penting terlibat. Jadi kejuaraan ini akan terus berlanjut," kata dia.

Meski begitu, peran Rossi dinilainya juga masih diperlukan di dunia balap motor. Karena Jarvis tak bisa melupakan tujuh gelar juara dunia MotoGP dan satu gelar dari kelas 125cc dan 250cc milik the Doctors.

Baca Juga

Namun, bukan lagi sebagai pembalap yang aktif berkompetisi. Rossi ditawarkan mendapatkan peran baru sebagai duta Yamaha.

"Sekarang dia berada pada tahap yang berbeda dalam hidupnya, tahap yang berbeda dalam kariernya, dan dengan segala hormat dia tidak lagi masa depan partisipasi kami di MotoGP," ujar Jarvis.

Rossi tak kunjung memberikan kemenangan untuk Yamaha selama dua tahun terakhir. Artinya, ia setidaknya melewatkan 38 balapan tanpa kemenangan sejak meraih podium pertama di Assen 2017 lalu.

Musim ini, Rossi baru mengoleksi dua podium, berkat finis kedua di seri Argentina dan Austin. Ia berada di peringkat keenam pada klasemen pembalap MotoGP dengan koleksi 80 poin, tertinggal 105 poin dari Marc Marquez yang berada di puncak klasemen sementara.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA