Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Vietnam Bekuk Timor Leste, Indonesia Juara Grup A AFF U-15

Ahad 04 Aug 2019 20:32 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Selebrasi pemain timnas U-15.

Selebrasi pemain timnas U-15.

Foto: DOK PSSI
Timor Leste ditaklukkan Vietnam 0-1 di Chonburi Campus Stadium 1, Chonburi, Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID, CHONBURI -- Timnas Indonesia U-15 melaju ke semifinal sebagai juara Grup A Piala AFF U-15. Ini setelah pesaing terdekat Timor Leste tumbang pada laga terakhir penyisihan. Timor Leste ditaklukkan Vietnam 0-1 di Chonburi Campus Stadium 1, Chonburi, Ahad (4/8) malam. 

Baca Juga

Hasil ini membuat Timor Leste tersisih secara tragis. Sebab sejak laga perdana, Timor Leste terus memimpin klasemen Grup A dengan keunggulan selisih gol atas Indonesia.

Hasil ini membuat Vietnam lolos ke semifinal mendampingi Indonesia sebagai runner-up Grup A. Vietnam mengoleksi nilai 12 dari lima laga, tertinggal satu angka dari Indonesia di puncak klasemen. Sebelum laga Vietnam kontra Timor Leste, Indonesia menaklukkan Myanmar 5-0 pada laga terakhir.

Gelandang timnas U-15 Ruy Arianto mengaku terharu setelah berhasil membawa skuat Garuda lolos ke semifinal Piala AFF U-15 setelah menekuk Myanmar.

"Jujur tadi saya senang sekali dan agak terharu di ruang ganti. Kerja keras kami berhasil. Sebagai pemain, kami hanya bisa membuktikannya lewat aksi dan perjuangan," kata Ruy dalam keterangan yang diterima Republika.co.id.

Ia juga menyatakan rasa bersyukurnya karena bisa menyumbang satu gol dalam laga pamungkas babak penyisihan grup. Menurutnya, torehan timnya merupakan hasil kerja keras dan doa dari tim dan masyarakat Indonesia

"Terima kasih buat masyarakat Indonesia, terutama yang selalu mendukung dan mendoakan kami dari tanah air," ujar dia.

Dalam laga itu, lima gol dari Indonesia disumbangkan Faizal Shaifullah (9' dan 42'), Marselino Ferdinan (31'), Ruy Arianto (57'), dan Muhammad Valeron (80+1').

Skor akhir itu merupakan yang  terbanyak  bagi anak asuh Bima Sakti selama babak penyisihan. Selain itu, kemenangan tersebut juga memastikan langkah skuat Garuda muda lolos ke babak semifinal. 

Dengan catatan empat kali menang dan sekali imbang, timnas mengoleksi 13 poin dengan 15 gol dan hanya sekali kebobolan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA