Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Komentar Marquez Setelah Tampil Sempurna di GP Ceska

Senin 05 Agu 2019 03:48 WIB

Red: Ratna Puspita

Marc Marquez

Marc Marquez

Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Marc Marquez kini memimpin klasemen dengan perolehan 210 poin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap  Repsol Honda Marc Marquez tampil sempurna untuk menjuarai GP Ceska di Sirkuit Brno, Ahad (4/8). Ia berhasil menahan laju rival terdekatnya, Andrea Dovizioso dari tim Ducati.

Baca Juga

Pembalap asal Spanyol itu mengunci pole position ke-58 untuk menyamai rekor Mick Doohan. Selanjutnya, ia berhasil memanfaatkan posisi start terdepan itu untuk meraih kemenangannya ke-50 di kelas premier setelah finis 2,452 detik di depan Dovizioso.

Tiga pembalap lain yang memiliki jumlah kemenangan sedikitnya 50 adalah Valentino Rossi (89), Giacomo Agostini (68) dan Mick Doohan (54). "Ini penting tapi saya tak ingin dibandingkan, mereka adalah legenda dari olah raga ini," kata Marquez usai lomba seperti dikutip Reuters.

"Saya harus terus melaju... menjaga mentalitas yang sama, ambisi yang sama dari awal hingga akhir."

Pembalap berjuluk Baby Alien itu kini memimpin klasemen dengan perolehan 210 poin, unggul 63 poin dari Dovizioso di peringkat dua (147). Sementara pembalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci, yang finis di P8 membayangi rekan satu timnya di peringkat tiga dengan 129 poin.

Kondisi trek yang basah menunda start GP Republik Ceska hari itu sebelum semua pebalap memutuskan untuk menggunakan ban slick. Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) bersenggolan dan terjatuh di lap pertama setelah start.

Marquez dan Dovizioso melaju di depan diikuti oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Jack Miller (Pramac Racing). Sedangkan pebalap Italia Valentino Rossi, yang finis keenam, terlibat pertarungan dengan Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) dan Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol).

"Saya sangat berkonsentrasi sejak awal, ada sejumlah titik basah di Tikungan 1, tapi saya memutuskan untuk start dan menjaga ritme," kata Marquez.

"Saya melihat Dovi di belakang saya, saya terus saja menekan dan ketika tersisa 10-11 putaran itu lah ketika saya mendapat peringatan karena itu lah saatnya saya harus mulai lebih menekan."

Keempat pebalap terdepan dipisahkan hanya dalam waktu satu detik, namun ketika cuaca mulai cerah, Marquez perlahan meninggalkan rival-rivalnya dan memperlebar jarak di depan menjadi 2,5 detik dari Dovi dengan empat lap tersisa.

"Ini balapan yang aneh, sangat cepat di awal... tapi di tengah lomba (Marquez) memaksa lebih pengereman dan saya tak bisa mengerem lebih keras," kata Dovizioso. "Saya ingin menempel Marquez hingga akhir tapi cara membalapnya sedikit berbeda."

Di belakang keduanya, Rins dan Miller terlibat duel sengit untuk posisi terakhir di podium. Pembalap Australia itu menyerang pebalap Suzuki dua lap jelang finis namun Rins mampu melawan untuk mempertahankan posisinya.

Dengan kesabaran, Miller, yang start dari P2, mampu menyalip Rins ketika melewati Horsepower Hill untuk mengamankan podium keduanya di musim ini. Balapan seri selanjutnya akan digelar di Red Bull Ring, Austria pada 11 Agustus.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA