Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Bos Mercedes Sepakat Penambahan Jumlah Seri Balap F1

Senin 05 Aug 2019 07:27 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Toto Wolff

Toto Wolff

Foto: AP/Mark Baker
Pihak promotor F1 juga dikabarkan sudah membuat kesepakatan dengan 10 tim.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Kepala Tim Formula Satu (F1) Mercedes, Toto Wolff, mengatakan tim-tim peserta sepakat menambah jumlah seri balap F1 menjadi 22 pada musim depan. Pihak promotor F1 juga dikabarkan sudah membuat kesepakatan dengan 10 tim tentang penambahan satu seri balap dari musim ini. Sedangkan Mercedes, menyatakan sudah setuju setelah bertemu dengan penyelenggara balap, akhir pekan lalu.

Baca Juga

"Kami sudah setuju dengan seri balap ke-22," kata Toto seperti dilansir Reuters, Ahad (4/8). "Kami sudah mempercayakan kepada pihak promotor untuk mengurusnya, kami akan mendukung langkah mereka."

Toto berharap bertambahnya jumlah seri balap tak serta merta penyelenggara mengubah secara mendadak peraturan teknis balap, semisal penambahan peserta di atas sirkuit. Menurutnya, komposisi pembalap yang membengkak dapat berdampak sulitnya manajemen tim ketika berpindah-pindah dari satu arena ke tempat lainnya. 

"Hal-hal seperti ini tentu juga butuh solusi," kata dia,

Jika resmi ditambah, maka seri balap Vietnam dan Belanda akan dimasukkan ke dalam kalender, sementara GP Jerman akan dihapus menyusul kontrak yang sudah habis musim ini. 

Balapan F1 2019 sudah berlangsung sebanyak 12 seri. Dari 12 seri tersebut, Mercedes memenangkan 10 di antaranya lewat dua pembalapnya Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Hamilton menjuarai delapan seri dan Bottas dua. Hanya dua kali Mercedes berhasil dijegal Red Bull, yakni pada GP Austria dan GP Jerman.

Terbaru, Hamilton memenangi GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Ahad (4/8). Hamilton mencatatkan waktu satu jam 35 menit 3,796 detik untuk finis pertama.

Ini merupakan podium pertama Hamilton yang kedelapan dari 12 seri yang digelar musim ini. Dengan sembilan seri balapan tersisa, pembalap Inggris ini sudah mengoleksi nilai 250 dan unggul 62 poin dari pesaing terdekat sekaligus rekan satu tim di Mercedes, Bottas.

Duet Hamilton-Bottas sudah menghasilkan 438 untuk Mercedes sepanjang 12 seri balapan. Angka ini jauh mengungguli peringkat kedua konstruktor, yakni Ferrari dengan 288 angka. Red Bull menempati posisi ketiga dengan nilai 244.

Seri balap F1 akan libur hampir sebulan. Para pembalap akan kembali mengaspal pada GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, 1 September 2019.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA