Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Koscielny Mencari Jalan Keluar

Sabtu 27 Jul 2019 00:20 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Laurent Koscielny

Laurent Koscielny

Foto: EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga
Sejumlah media asal Inggris menyebutkan, Koscielny berharap untuk kembali ke Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keputusan Laurent Koscielny untuk menolak mengikuti tur pramusim Arsenal di Amerika Serikat (AS) terasa begitu mengejutkan. Maklum, selama ini, Koscielny dikenal sebagai salah satu penggawa andalan di skuat the Gunners.

Bek tengah berusia 33 tahun itu pun dipercaya sebagai kapten Arsenal pada musim lalu. Sikap Koscielny itu tentu saja disesalkan oleh manajemen the Gunners.

''Kami begitu kecewa dengan sikap Koscielny tersebut, yang menentang instruksi utama kami. Kami berharap bisa segera menyelesaikan masalah ini,'' tulis pernyataan resmi the Gunners di laman resmi klub, pertengahan bulan lalu.

Atas sikapnya ini, Koscielny dikabarkan bakal mendapatkan sanksi dari manajemen The Gunners, termasuk dengan kemungkinan pencopotan ban kapten Arsenal dari lengan Koscielny. Sikap mantan bek tengah Lorient itu pun mendapatkan respon begitu keras dari pelatih Arsenal Unai Emery.

Menurut pelatih asal Spanyol tersebut, pemain yang tidak hadir di laga pramusim kemungkinan besar tidak akan masuk dalam skema permainan the Gunners pada musim depan. Eks pelatih PSG itu menyerahkan sepenuhnya permasalahan Koscielny itu kepada manajemen klub.

''Saat dia memutuskan untuk tidak bergabung bersama kami di tur pramusim, maka solusinya hanya antara pihak klub dengan dia. Dia telah memutuskan untuk tidak bergabung di tur pramusim. Buat saya, ide besarnya adalah melanjutkan pekerjaan dengan pemain-pemain yang hadir di tur pramusim, dan pemain yang ingin berada di tim ini,'' ujar Emery seperti dikutip Metro, tengah pekan ini.

Penolakan Koscielny untuk menghadiri tur pramusim Arsenal di AS langsung berimbas pada rumor kepergian eks bek Lorient itu dari tim asal London Utara. Sejumlah media asal Inggris menyebutkan, Koscielny berharap untuk kembali ke Prancis. Setidaknya ada tiga klub yang dikabarkan berminat menampung Koscielnya, yaitu Bordeaux, Rennes, dan Lorient.

Bahkan, seperti dilansir RMC, Koscielny dikabarkan sudah mencapai kesepakatan personal dengan Rennes untuk hijrah ke klub kontestan Ligue 1 itu pada bursa transfer musim panas kali ini. Namun, dengan kontrak yang masih tersisa satu tahun lagi, Arsenal tentu tidak mau begitu saja melepaskan Koscielny. The Gunners kabarnya siap melepas Koscielny dengan biaya tebusan mencapai 9 juta euro.

Bergabung bersama Arsenal sejak sembilan tahun silam, Koscielny telah mengemas 350 caps bersama the Gunners di semua ajang. Raihan dua titel Piala FA mampu dipersembahkan Koscielny buat skuat Gudang Peluru. Terus menjadi andalan di lini belakang Arsenal dalam delapan musim terakhir, performa Koscielny pada musim lalu sempat terganggu lantaran mengalami cedera achilles tendon.

Koscielny akhirnya hanya tampil di 17 partai Liga Primer Inggris. Ini menjadi catatan penampilan terendah Koscielny sejak didatangkan Arsenal dari Lorient pada pada 2010 silam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA