Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Valencia Tak Ingin Tersandung Lagi di Awal Start

Sabtu 10 Aug 2019 05:21 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi

Pemain Valencia melakukan selebrasi usai menjebol gawang tim lawan. (ilustrasi)

Pemain Valencia melakukan selebrasi usai menjebol gawang tim lawan. (ilustrasi)

Foto: EPA-EFE/Jean Christophe Bott
Start buruk pada musim lalu memberikan pelajaran berharga buat Valencia.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Keberhasilan finish di peringkat keempat La Liga ditambah torehan Copa Del Rey melengkapi kiprah manis Valencia pada musim lalu.  Kendati begitu, apabila ditilik lebih dalam, perjalanan Los Che musim lalu sebenarnya sempat menyentuh titik mengkhawatirkan. 

Pengoleksi enam gelar La Liga itu gagal meraih kemenangan di enam laga awal La Liga, dengan catatan lima hasil imbang dan satu kekalahan. Imbasnya, Valencia sempat menempati peringkat ke-18 dari 20 kontestan La Liga.

Pada pertengahan musim, performa Valencia mulai membaik. Namun, torehan 23 poin dari 19 laga hanya bisa mengantarkan Los Che mengakhiri paruh pertama La Liga musim lalu di peringkat ke-11. 

Beruntung, Valencia bisa segera bangkit pada paruh kedua musim lalu. Bahkan, keberhasilan mencatatkan rekor tidak pernah kalah dalam 12 partai La Liga secara beruntun membawa Valencia kembali bersaing di perebutan empat besar La Liga. Kemenangan 2-0 atas Real Valladolid di pekan terakhir La Liga memastikan posisi keempat La Liga buat Valencia. 

Kesuksesan finish di peringkat keempat dan tampil di Liga Champions musim depan makin bertambah manis usai Los Che berhasil menghempaskan Barcelona 2-1 di partai final Copa Del Rey. Meski begitu, start buruk pada musim lalu memberikan pelajaran berharga buat Valencia. Los Che tentu tidak mau start buruk mereka pada musim lalu kembali terulang pada musim depan. 

Tidak hanya demi terus bersaing di papan atas La Liga, Valencia juga bertekad memperbaiki penampilan di Liga Champions usai tersingkir di fase grup pada musim lalu. Apalagi, musim depan merupakan kesempatan kedua Valencia tampil di kancah Liga Champions usai sempat absen selama dua musim secara beruntun. 

''Kami harus mengawali musim depan dengan jauh lebih baik dibanding pada musim lalu. Dengan semua laga pra-musim yang telah kami jalani, target utama kami adalah bisa berada dalam kondisi terbaik saat melakoni laga pembuka La Liga, menghadapi Real Sociedad,'' tutur pelatih Valencia, Marcelino, seperti dikutip laman resmi klub.

PERSIAPAN TIM
Berbagai persiapan memang telah dilakoni para penggawa klub asal Valencia tersebut. Dari lima laga uji coba yang dijalani hingga awal Agustus, Los Che mengemas tiga kemenangan dan dua kekalahan.

Terakhir, setelah dibekap Brighton and Hove Albion 1-2, Valencia bisa menorehkan catatan positif. Mereka berhasil memetik kemenangan 2-1 atas Bayer Leverkusen.

Namun, persiapan Los Che belum berhenti sampai di situ. Sebelum menghadapi Sociedad di laga pembuka La Liga musim ini, Valencia dijadwalkan melakoni laga ujicoba terakhir kala berhadapan dengan Inter Milan pada akhir pekan ini.

Hingga sejauh ini, Marcelino mengaku cukup puas dengan kondisi kebugaran dan ritme permainan yang telah ditunjukan anak-anak asuhnya. ''Dari laga ujicoba terakhir, kami sudah bisa menguasai permainan di semua sektor dan lini permainan,'' katanya.

''Selain itu, kami sudah bisa menebarkan ancaman dan telah memiliki transisi yang bagus dari menyerang ke bertahan,'' ujar pelatih asal Spanyol tersebut. ''Sekarang, kami mesti bisa mempertahankan kondisi itu di laga menghadapi Inter Milan.''

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA