Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Sentuhan Magis Guardiola di Laga Pembuka

Sabtu 10 Agu 2019 06:09 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi

Pep Guardiola usai timnya menang atas Burnley pada pertandingan Ahad (29/4)

Pep Guardiola usai timnya menang atas Burnley pada pertandingan Ahad (29/4)

Foto: EPA
Guardiola cetak rekor kemenangan 100 persen di laga perdana Liga Inggris sejak 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sejak ditunjuk sebagai pelatih Manchester City pada 2016, Pep Guardiola terus mencatatkan rekor impresif bersama The Citizen, termasuk dalam urusan raihan kemenangan di laga perdana Liga Primer Inggris. Pelatih asal Spanyol itu mencatatkan rekor kemenangan 100 persen di laga perdana Liga Primer Inggris sejak musim 2016/2017.

Pada musim lalu, City berhasil menghempaskan Arsenal 3-1 di Stadion Etihad. Secara keseluruhan, kemenangan atas The Gunners itu menajamkan rekor The Citizen yang selalu meraih kemenangan di laga pembuka Liga Primer Inggris pada delapan musim terakhir. Dengan bermodal sentuhan magis Guardiola di laga pembuka Liga Primer Inggris, rekor apik The Citizen ini rasanya akan berlanjut di Liga Primer Inggris musim 2019/2020 ini.

Lawatan ke markas West Ham United, Stadion London, Sabtu (10/8) malam WIB akan menjadi langkah pembuka The Citizen untuk bisa mempertahankan gelar. City sekaligus berambisi menjadi tim kedua, setelah Manchester United, yang berhasil mempertahankan titel Liga Primer Inggris selama tiga musim beruntun.

Guardiola sempat mengungkapkan keinginannya untuk tidak mengambil resiko terkait kiprah The Citizen di Liga Primer Inggris musim depan. Bahkan, eks pelatih Barcelona itu lebih memilih tampil apik di Liga Primer Inggris ketimbang mengambil resiko di pentas Liga Champions.

''Dalam pandangan saya, itu (tujuh laga di Liga Champions) terlalu beresiko. Liga Primer Inggris selalu menjadi prioritas utama. Kiprah di kompetisi domestik jadi fokus utama, karena itu dilakukan pada setiap pekan,'' tutur Guardiola, seperti dikutip The Guardian, awal pekan ini.

TANCAP GAS
Setelah menjalani empat laga ujicoba dalam satu bulan terakhir, City siap langsung tancap gas di laga perdana Liga Primer Inggris. Guardiola pun yakin dengan kemampuan anak-anak asuhnya dalam mencapai tingkat kebugaran yang diinginkan.

Ia pun percaya diri dengan pencapaian ritme permainan, taktik dan strategi permainan The Citizen. ''Para pemain saat ini bisa mencapai tingkat kebugaran dengan begitu cepat. Namun, di sepak bola modern, kondisi fisik bukanlah segalanya, tapi pemahaman tentang apa yang ingin kami tampilkan di atas lapangan, dan saya percaya pada para pemain,'' ujar Guardiola di laman resmi klub.

Di laga pra musim, City memang terus menorehkan catatan positif. Juara di tiga kompetisi domestik sepak bola Inggris pada musim lalu itu menorehkan tiga kemenangan dan satu hasil imbang dari empat laga ujicoba.

Puncaknya ketika City sukses menghempaskan Liverpool di laga Community Shield 5-4 lewat babak adu penalti. Merengkuh titel perdana musim 2019/2020 lewat raihan titel Community Shield, City pun kian mantap menatap Liga Primer Inggris musim depan.

Kemenangan atas rival terkuat mereka di Liga Primer Inggris musim lalu itu pun bakal menjadi momentum buat The Citizen untuk memulai kiprah di Liga Primer Inggris musim ini. ''Kami bisa mendapatkan momentum di laga itu. Kami berharap bisa mengulangi atau bahkan melebihi pencapaian kami pada musim lalu. Buat kami, yang terpenting adalah mempertahankan identitas dan gaya permainan kami,'' ujar gelandang City, Kevin De Bruyne, seperti dikutip laman resmi klub.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA