Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Barito Telah Evaluasi Diri Usai Ditekuk Tira-Persikabo

Selasa 13 Aug 2019 16:23 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Yunan Helmi

Yunan Helmi

Foto: ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Barito Putra pastikan akan mencuri poin dari PSM Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barito Putra akan menantang PSM Makassar pada laga lanjutan pekan ke-14 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Rabu (14/8) sore WIB. Barito Putra yang belakangan baru menelan kekalahan dari PS Tira Persikabo di kandangnya sendiri ini memastikan diri telah melakukan evaluasi.

Pelatih Barito Putra, Yunan Helmi mengatakan, evaluasi yang dilakukan tidak fokus pada individu pemain, melainkan secara keseluruhan yang sifatnya lebih mendasar. "Banyak yang harus dibenahi, artinya untuk disiplin dan mental untuk bertahan seluruh pemain kami tingkatkan," kata Yunan dalam konferensi pers jelang laga di Makassar, Selasa (13/8).

Yunan berharap upaya yang telah dilakukannya dapat memberikan hasil terbaik bagi tim pada laga nanti. Pada dua tahun sebelumnya, Barito bisa memetik hasil baik di Makassar, namun ia menyadari bahwa setiap tim termasuk PSM dan Barito Putera pasti mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Kendati demikian, ia tetap berharap bisa mencuri poin dari juara Piala Indonesia tersebut.

Selain itu, meskipun PSM tidak dapat bermain dengan full team saat menjamu Barito Putera nanti, Yunan juga yakin bahwa Darije Kalezic telah menyiapkan strategi lain agar dapat mengamankan poin penuh di kandang. Menurutnya, lebih baik jika tim lebih fokus pada kekuatannya sendiri dan memaksimalkan setiap potensi yang ada untuk meraih kemenangan.

"Kami fokus pada tim kami juga. Mudah-mudahan apa yang kami rencanakan bisa berjalan sesuai yang kami inginkan. Kami optimistis bisa mengambil poin di sini, yang terpenting anak-anak bisa bermain sesuai dengan apa yang mereka punya," lanjut dia.

Sementara itu, pemain Barito Putera Dandi Maulana justru memiliki motivasi tersendiri untuk bisa mencuri poin dari kandang PSM. Menurutnya, akan menjadi sebuah kebanggaan jika mampu mengalahkan sang juara Piala Indonesia. Ia memastikan teman-teman setimnya telah mempersiapkan diri dengan baik untuk laga tersebut.

"Persiapan kami sudah matang untuk pertandingan besok. Ini juga suatu kebanggaan bisa melawan tim yang habis juara, jadi motivasi saya untuk memenangkan pertandingan besok," kata Dandi.

Sebagai pemain belakang, Dandi tidak akan memberikan penjagaan khusus kepada salah satu pemain PSM dalam pertandingan nanti. Namun, menurutnya, pemain PSM yang patut untuk diwaspadai adalah Ferdinand Sinaga. "Jadi saya pribadi berpikir akan menghentikan Ferdinand Sinaga," jelas dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA