Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Dani Pedrosa: Gantikan Zarco di KTM Bukan Rencana Saya

Rabu 14 Aug 2019 11:23 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Dani Pedrosa

Dani Pedrosa

Foto: AP Photo/David Vincent
Pedrosa memutuskan menjadi pembalap penguji tim KTM setelah pensiun dari MotoGP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dani Pedrosa memutuskan menjadi pembalap penguji tim KTM setelah pensiun dari MotoGP, musim lalu. Pembalap yang menjadi andalan tim Honda selama 13 musim kini berpeluang kembali tampil di MotoGP musim depan, menyusul mundurnya salah satu rider KTM Johann Zarco mulai musim 2020.

Baca Juga

Keputusan mengejutkan Zarco untuk keluar dari KTM setelah hanya semusim, memberikan kesempatan tak terduga bagi Pedrosa untuk kembali mengemudi motor di lintasan. Padahal, baru setahun lalu Pedrosa mengumumkan menggantung helmnya. Tetapi, berbicara dengan Servus TV pada Senin (12/8) lalu, pembalap Spanyol itu mengulangi kepuasannya dengan hanya menguji dan tidak harus berurusan dengan tekanan akhir pekan balapan.

"Saya jauh lebih santai sekarang daripada sebelumnya, saya tidak memiliki semua tekanan ini. Sekarang, saya bisa berkonsentrasi pada tes dan tidak perlu melihat begitu banyak balapan lagi. Jadi itu (kembali membalap) bukan rencana saya sekarang,” ujarnya dikutip dari laman Crash, Rabu (14/8).

Mengomentari Zarco, ia menilai situasi tersebut tak ideal untuk pembalap Prancis tersebut. Baru semusim membalap setelah promosi dari Moto2, Zarco kemudian memutuskan keluar sebelum kontraknya berakhir. 

“Dia sudah sejauh ini, tetapi jika kamu sekarang pada titik ini dan begitu putus asa, mungkin tidak ada yang tersisa selain keluar. Saya sangat menghormati dia, dia pembalap hebat,” kata Pedrosa.

Bos motorsport KTM Pit Beirer menggambarkan ide Pedrosa untuk kembali MotoGP penuh waktu sebagai fantasi. Ia juga tertarik untuk menggarisbawahi alternatif yang tersedia di KTM, termasuk pembalap Tech 3 Miguel Oliveira dan penguji Mika Kallio .

“Pertama-tama, kami sangat senang dengan pekerjaan seperti yang [Pedrosa] lakukan di tim pengujian dan bagaimana ia mengintegrasikan dirinya ke dalam tim. Itu jauh lebih dari yang kami harapkan,” kata Beirer. 

KTM, kata dia, sudah mendapat manfaat besar dari kehadiran Pedrosa. Itu alasan pria Spanyol ini sangat penting bagi KTM dalam perannya sekarang. Menurut Beirer, Pedrosa memiliki misi yang sangat jelas bersama KTM. 

Ia mengingatkan bahwa KTM memiliki tiga pembalap top di bawah kontrak, yakni Miguel Oliveira, Pol Espargaro, dan Brad Binder untuk musim depan. 

"Kami juga memiliki pembalap penguji hebat lainnya yang duduk bersama Mika Kallio di rumah. Dia terus bugar sepanjang waktu. Jadi, kami memiliki situasi yang sangat baik dengan para pembalap,” kata Beirer.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA