Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Marquez Punya Kans untuk Susul Para Legenda MotoGP

Senin 05 Aug 2019 23:35 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Marc Marquez

Marc Marquez

Foto: EPA-EFE/Filip Singer
Marc Marquez kini menjadi pembalap yang meraih 50 kemenangan di kelas primer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MotoGP Republik Ceska menjadi penanda dimulainya paruh kedua musim 2019. Dalam balapan seri ke-10 ini, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez tampil sempurna dan berhasil memecahkan beberapa rekor sekaligus.

Pembalap berjulukan Baby Alien ini keluar sebagai juara setelah finis tercepat dengan catatan waktu 39 menit 24,430 detik di Sirkuit Brno pada Ahad (4/8) malam WIB. Ini menjadi podium juara kali keenam bagi Marc di musim ini.

Hasil itu membuat Marquez semakin kokoh di puncak klasemen dengan 210 poin, meninggalkan Andrea Divizioso dengan selisih 63 poin di posisi kedua. Sementara, Danilo Petrucci menyusul di posisi ketiga dengan 129 poin.

Pada balapan tersebut, pembalap asal Spanyol itu memulai balapan dari pole position. Itu menjadi pole position ke-58 baginya di kelas primer. Catatan tersebut menyamai rekor milik legenda MotoGP, Mick Doohan.

Bahkan, untuk meraih pole position itu, Marquez berhasil menorehkan rekor baru pada sesi kualifikasi, Sabtu (3/8), dengan membukukan waktu lap terbaik, yakni 2 menit 2,753 detik.

Baca Juga

Marquez memecahkan rekor yang selama ini dipegang oleh Aleix Espargaro pada sesi kualifikasi MotoGP Belanda musim 2014. Memanfaatkan posisi pertama, Baby Alien berhasil menjaga dominasinya sejak awal dan finis 2,452 detik di depan Divizioso.

Catatan juara Marquez kali ini pun menjadi kemenangan yang ke-50 baginya di kelas primer. Dilansir dari Reuters, Senin (5/8), sebelumnya hanya ada tiga pembalap yang punya 50 kemenangan (atau lebih) di kelas primer, yakni Mick Doohan, Giacomo Agostini, dan Valentino Rossi.

Atas pencapaian terbarunya, Baby Alien kini menjadi satu dari empat pembalap yang berada di grup elite tersebut. Doohan yang merupakan pensiunan pembalap 500cc (sekarang MotoGP) asal Australia punya 54 kemenangan sepanjang kariernya. Sementara Agostini dan Rossi (keduanya sama-sama berkebangsaan Italia), masing-masing memiliki 68 dan 89 kemenangan di kelas primer. Dengan konsistensinya, pembalap berusia 26 tahun itu memiliki kans untuk melampaui para legenda.

“Ini penting, tapi saya tak ingin dibandingkan. Mereka adalah legenda olah raga ini. Saya harus terus melaju, menjaga mentalitas, dan ambisi yang sama dari awal hingga akhir,” kata Marquez dikutip Reuters, Senin (5/8).

Sementara, jika dihitung dari kemenangan yang didapat di semua kelas, ini menjadi kemenangan ke-76 untuk rider asal Spanyol itu. Dalam kariernya, Marquez sudah meraih 50 kemenangan di ajang MotoGP, 16 di Moto2, dan 10 kali di kelas 125cc.

Marquez menyamai catatan milik Mike Hailwood. Keduanya kini berdiri di urutan empat daftar pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak. Kendati demikian, Marquez masih kalah jauh dari Valentino Rossi yang kini berada di posisi kedua daftar tersebut dengan 115 kemenangan. Sementara posisi teratas dipegang oleh Giacomo Agostini dengan 122 kemenangan di semua kelas.

Selain rekor Marquez, MotoGP Republik Ceska pun memiliki fakta dan data yang tak kalah menarik. Dilansir dari GPOne, balapan ini menjadi yang ke-50 kali dalam sejarah Kejuaraan Dunia digelar di lintasan Brno, Ceska. Hanya Assen yang menggelar lebih banyak balapan grand prix (71 kali).

GP pertama di lintasan ini berlangsung pada 1965 ketika Mike Hailwood menang dengan menunggangi MV Agusta dalam waktu 1 jam 11 menit 23 detik. Di masa-masa itu, lintasannya sepanjang 13,94 kilometer. Namun, pada 1975, lintasan diperpendek menjadi 10,92 kilometer untuk alasan keamanan. Saat itu, Sirkuit Brno adalah sirkuit jalan terakhir di ajang MotoGP, karena masalah keamanan, lintasan sempat dihapus dari seri balap MotoGP pada 1982, sebelum dikembalikan lagi pada 1987 hingga kini.

Selain itu, tahun ini menjadi yang ke-32 kali secara beruntun lintasan Brno menjadi tuan rumah GP Republik Ceska. Menyusul perubahan-perubahan yang dilakukan di lintasan, saat ini panjangnya mencapai 5,403 kilometer.

Sementara itu, rider tersukses di lintasan Brno adalah Max Biaggi dan Valentino Rossi dengan masing-masing meraih tujuh kemenangan. Max Biaggi (4 kali 250cc, 2 kali 500cc, 1 kali MotoGP), dan Rossi (1 kali 125cc, 1 kali 250 cc, 1 kali 500cc, dan 4 kali MotoGP). Adapun tim tersukses di Brno adalah Honda dengan 19 kemenangan dengan yang terbaru diperoleh Marc Marquez yang keluar sebagai juara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA