Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Lampard Akui Chelsea Sulit Cari Pengganti Hazard

Rabu 14 Aug 2019 19:05 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Eden Hazard

Eden Hazard

Foto: EPA-EFE/JULIEN WARNAND
Lampard mengakui kepergian Hazard berpengaruh pada permainan Chelsea

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pelatih Chelsea Frank Lampard mengakui, kepergian Eden Hazard ke Real Madrid berdampak besar terhadap permainan the Blues. Bahkan, secara teknis, Lampard mengakui tidak mungkin mendapatkan pengganti Hazard, terutama dari segi kemampuan individu dan ketajaman di lini serang.

Hazard mengakhiri pengabdiannya selama tujuh musim di Stamford Bridge. Gelandang serang asal Belgia itu diboyong Real Madrid dengan harga 100 juta euro.

Padahal, selama ini, Chelsea terus mengandalkan kemampuan Hazard dalam urusan mencetak gol ke gawang lawan, tidak terkecuali pada musim lalu. Eks gelandang serang Lille itu terlibat langsung dalam 31 gol the Blues di ajang Liga Primer Inggris musim lalu, yaitu dengan catatan 16 gol dan 15 assist.

Pemain yang telah mempersembahkan dua titel Liga Primer Inggris buat Chelsea itu pun menjadi pemain paling subur di skuat London biru pada musim lalu. Ketidakhadiran Hazard di skuat the Blues pun begitu terasa saat tim asal London Barat itu dipermalukan Manchester United, 4-0, di laga perdana Liga Primer Inggris musim ini, Ahad (11/8) waktu setempat.

Seraya menyebut Hazard sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat ini, Lampard pun mengakui, ada lubang besar di tubuh Chelsea pasca kepergian Hazard dan rasanya mustahil untuk mencari pemain yang bisa menggantikan peran Hazard secara langsung.

''Tidak hanya pada musim lalu, selama dia berada di Chelsea, dia menjadi pemain paling produktif, terutama dari aspek assist dan gol. Secara kemampuan personal, Anda tidak bisa mencari pengganti dia. Saya rasa itu mustahil, karena dia telah menetapkan level yang begitu tinggi dengan permainannya,'' ujar Lampard seperti dikutip Reuters, Rabu (14/8).

Kendati begitu, pelatih yang baru ditunjuk menjadi pelatih Chelsea pada awal Juli 2019 silam itu menegaskan, timnya harus bisa segera beranjak dan melupakan kepergian Hazard. Kehilangan Hazard mesti bisa dijawab dengan permainan kolektif.

''Kabar baiknya adalah kami memiliki sejumlah pemain muda. Kami harus sabar dan tetap tenang dengan skuat yang kami miliki saat ini. Jawabannya adalah lewat kemampuan kolektif. Memang benar kami kehilangan pemain yang bisa memberikan kami peluang lebih besar mencetak gol, tapi tim sebesar Chelsea akan mampu bangkit, seperti saat kami kehilangan John Terry, Didier Drogba, ataupun Hazard,'' tutur Lampard.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA