Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Tekanan Raih Scudetto Juga Dirasakan Inter dan Napoli

Kamis 15 Aug 2019 14:59 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Giorgio Chiellini

Giorgio Chiellini

Foto: EPA/DANIEL DAL ZENNARO
Chiellini menilai, Inter dan Napoli telah melakukan perombakan besar di skuatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bek tengah sekaligus kapten Juventus, Giorgio Chiellini, menilai, tekanan besar untuk bisa mengangkat scudetto Serie A Liga Italia pada musim depan tidak hanya dirasakan oleh Si Nyonya Tua, tapi juga oleh tim-tim lain, terutama Inter Milan dan Napoli. Jelang kompetisi Serie A, Inter dan Napoli telah melakukan perombakan besar-besaran di skuatnya.

Sebagai juara bertahan, tekanan untuk bisa kembali mempertahankan titel scudetto berada pada Juventus, tapi harapan dan tekanan besar untuk bisa meraih scudetto sebenarnya juga dirasakan oleh Inter dan Napoli. Kondisi ini tidak terlepas dari berbagai langkah penguatan skuat yang dilakukan oleh manajemen Inter Milan dan Napoli.

Dalam persiapan menghadapi musim depan, Inter Milan memang telah mendatangkan pelatih anyar, Antonio Conte, dan mendatangkan sejumlah pemain, termasuk penyerang asal Belgia, Romelu Lukaku. Begitu pula dengan Napoli, yang telah merekrut bek AS Roma, Kostas Manolas, pada bursa transfer musim panas kali ini.

''Tentu akan ada tekanan buat kami untuk mempertahankan gelar juara. Namun, tekanan juga akan dirasakan Inter Milan yang telah menghabiskan banyak uang di bursa transfer. Dengan kondisi itu, mereka tidak bisa menyembunyikan diri dan tentu saja berharap untuk bisa menang. Hal serupa juga dialami Napoli. Tiga tim itu, termasuk kami, akan mengawali Serie A musim depan dengan target menjadi juara,'' ujar Chiellini kepada Calciomercatoweb, seperti dikutip Football Italia, Kamis (15/8).

Bek tengah berusia 35 tahun itu mengakui, pada musim lalu, sebenarnya Inter Milan memiliki skuat yang cukup mumpuni untuk bisa meraih titel scudetto. Begitu pula dengan skuat yang dimiliki Napoli. Namun, di akhir musim, Juventus mampu mempertahankan dominasi dengan raihan scudetto kedelapan secara beruntun.

Chiellini pun mengungkapkan, memang ada sedikit jarak kualitas antara Juventus dan tim-tim lain di Serie A pada musim lalu. Namun, pada musim depan, eks bek tengah Fiorentina itu menyebutkan, persaingan perebutan gelar scudetto akan bertambah sulit. ''Memang ada jarak kualitas antara kami, Inter, dan Napoli. Namun, pada akhirnya, akan selalu sulit untuk bisa memastikan gelar scudetto,'' jelasnya.

Di laga perdana Serie A musim depan, Juventus bakal melawat ke markas Parma di Stadion Ennio Tardini, Sabtu (24/8) malam WIB. Setelah melakoni laga persahabatan, kontra Juventus B, di Villa Perosa, tengah pekan ini, skuat Juventus pun langsung bersiap untuk melakoni laga perdana Serie A musim depan tersebut.

''Kami terus menunjukkan perbaikan penampilan. Mulai pekan depan, kami akan bersiap untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental kami. Akhirnya, semuanya bisa segera dimulai karena saya sudah bosan dengan berbagai laga uji coba dan rutinitas sesi latihan pramusim,'' kata Chiellini.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA