Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Madrid Awali La Liga dengan Kemenangan

Ahad 18 Agu 2019 00:32 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Toni Kroos (kanan bawah) merayakan golnya ke gawang Celta Vigo dengan Sergio Ramos dan Marcelo.

Toni Kroos (kanan bawah) merayakan golnya ke gawang Celta Vigo dengan Sergio Ramos dan Marcelo.

Foto: EPA-EFE/Lavandeira Jr
Madrid membungkam Celta Vigo 3-1 dalam lawatan ke Stadion Balaidos, Sabtu (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, VIGO -- Real Madrid mengawali La Liga musim 2019/2020 dengan torehan kemenangan. Madrid membungkam Celta Vigo 3-1 dalam lawatan ke Stadion Balaidos, Sabtu (17/8) malam WIB. Tiga gol Madrid di laga itu dicetak Karim Benzema, Toni Kroos, dan Lucas Vazquez. Sementara satu-satunya gol tim tuan rumah dicetak oleh pemain muda Celta Vigo, Iker Losada.

Kemenangan atas Celta memperpanjang rekor tidak pernah kalah Los Blancos dalam 10 laga pembuka La Liga dengan torehan tujuh kemenangan dan tiga hasil imbang. Terakhir kali Los Blancos gagal memetik poin pada laga pembuka La Liga terjadi pada musim 2008/2009 saat kalah dari Deportivo La Coruna 1-2.

Hasil ini sekaligus membuktikan hasil buruk pramusim yang didapatkan Madrid tak bisa dijadikan acuan saat kompetisi berlangsung. Sebab terbukti Barcelona yang lumayan baik sata pramusim justru takluk dari Athletic Bilbao 0-1 pada pertandingan pembuka.

Jalannya laga

Secara mengejutkan, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane mempercayakan satu tempat di starting line up Los Blancos kepada Gareth Bale. Salah satu pemain yang masuk daftar jual Madrid pada bursa transfer pemain itu ditempatkan di posisi sayap kiri. Vicinius Junior berada di sayap kanan. Kedua pemain ini mengapit Karim Benzema yang dipercaya sebagai penyerang tunggal.

Keputusan menempatkan Bale sebagai starter berbuah maksimal. Lewat aksi di sisi kanan pertahanan Celta, Bale sukses menyodorkan umpan matang ke Benzema. Penyerang asal Prancis itu tanpa langsung mendorong bola ke gawang Celta dan membawa Los Blancos unggul saat laga baru berjalan 12 menit.

Tertinggal satu gol membuat tim tuan rumah berusaha membalas. Celta sebenarnya mampu mencetak gol pada injury time babak pertama lewat torehan Brais Mendez, yang memanfaatkan umpan terobosan dari Iago Aspas. Namun, lewat review VAR, gol Mendez itu dianulir wasit lantaran Aspas kedapatan sudah berdiri di posisi offside saat melepaskan umpan terobosan. 

Petaka buat Madrid datang pada menit ke-56. Gelandang asal Kroasia, Luka Modric, menerima kartu merah dari wasit usai melakukan pelanggaran keras. Namun, meski tampil dengan 10 pemain, Madrid ternyata masih mampu menambah keunggulan, tepatnya pada menit ke-62. Kali ini lewat gol indah dari Toni Kroos.

Gelandang asal Jerman itu melepaskan tendangan keras dengan jarak sekitar 36 meter dari gawang Celta. Bola hasil tendangan kaki kanan Kroos itu melaju dengan deras ke gawang Celta tanpa bisa dihalau kiper Ruben Blanco.

Sepuluh menit jelang laga bubar, Los Blancos kembali mempertebal keunggulan. Lucas Vazquez yang masuk menggantikan Vicinius Junior, sukses mencatatkan namanya di papan skor. Benzema, yang mampu melepaskan diri dari kawalan pemain bertahan Celta, menyodorkan umpan matang ke Vaquez. Gelandang serang asal Brasil itu pun langsung memanfaatkan sodoran bola tersebut dengan tembakan keras dari dalam kotak penalti.

Celticos akhirnya baru bisa mencetak gol ke gawang tamunya saat laga telah memasuki menit ke-91. Iker Losada merobek gawang Madrid dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan assist dari Pape Diop. Namun gol penyerang berusia 18 tahun ini gagal membawa tim tuan rumah memetik poin pada laga perdana La Liga musim 2019/2020. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA