Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Gol Gabriel Jesus Dianulir, City Gagal Taklukkan Tottenham

Ahad 18 Aug 2019 01:07 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Gelandang serang Tottenham Hotspur Lucas Moura (kiri) menjebol gawang Manchester City.

Gelandang serang Tottenham Hotspur Lucas Moura (kiri) menjebol gawang Manchester City.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
City ditahan imbang Tottenham 2-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City gagal memetik kemenangan saat menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Etihad pada laga pekan kedua Liga Inggris. City ditahan imbang Tottenham 2-2 setelah gol Gabriel Jesus pada injury time dianulir setelah wasit melihat VAR.

Menerima lawatan Spurs, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menurunkan sejumlah penggawa andalan The Citizens pada musim lalu. Sergio Aguero kembali menempati posisi penyerang di starting line-up. Beitu pula dengan kehadiran Ikay Guendogan dan Bernardo Silva, yang kembali ke lini tengah City.

Baca Juga

Sementara Spurs, yang menelan tiga kekalahan dari empat bentrokan dengan City di semua ajang pada musim lalu itu, masih mengandalkan Harry Kane di lini depan. Selain itu, Christian Eriksen, yang masuk sebagai pemain pengganti di laga perdana Liga Primer Inggris, kini tampil sejak awal laga. 

Tak perlu waktu lama buat tim tuan rumah untuk merobek gawang Spurs. Laga baru berjalan 20 menit, City sudah mampu unggul lewat gol sundulan dari Raheem Sterling. Eks gelandang serang Liverpool itu menerima umpan lambung dari Kevin De Bruyne, yang dilepaskan dari sisi kanan pertahanan the Lilywhites.

Namun, euforia para pendukung City di Stadion Etihad hanya bertahan tiga menit. Kesalahan penempatan posisi kiper City, Ederson, membuat Erik Lamela dengan mudah menaklukan kiper asal Brasil tersebut. Lamela melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti, tanpa bisa dihalau Ederson. 

Beruntung, City memiliki De Bruyne. Gelandang asal Belgia itu kembali membidani lahirnya gol tambahan buat City, tepatnya pada menit ke-35. De Bruyne, yang merangsek ke sisi kanan kotak penalti Spurs, melepaskan umpan tarik ke depan mulut gawang Spurs. Dengan kecepatannya, Aguero memanfaatkan sodoran bola tersebut dan mengarahkannya ke dalam gawang tim tamu.

Memasuki babak kedua, City terus mencoba mengendalikan permainan lewat penguasaan bola. Namun, tidak hanya mengandalkan penguasaan bola, para penggawa the Citizen juga terus membombardir pertahanan tim tamu. Hingga pertengahan babak kedua, juara bertahan Liga Primer Inggris itu bahkan tercatat telah melepaskan 28 tendangan, dengan 10 tendangan tepat mengarah ke gawang Spurs.

Kendati begitu, Tottenham justru bisa memanfaatkan kelengahan City. Lucas Moura yang masuk menggantikan Herry Winks pada menit ke-56, sukses menyamakan kedudukan. Sentuhan pertama gelandang serang asal Brasil itu, berupa sundulan, berhasil merobek gawang City. Moura memaksimalkan tendangan penjuru yang dieksekusi Lamela.

Kedudukan 2-2 pun terus bertahan saat laga memasuki masa injury time. Pendukung The Citizen di Stadion Etihad sempat bersorak saat Gabriel Jesus, yang menggantikan Aguero pada menit ke-66, mencetak gol usai memanfaatkan tendangan sepak pojok. Namun, gol yang terjadi pada menit ke-92 itu dianulir wasit lewat review VAR

Wasit membatalkan gol tersebut lantaran Aymeric Laporte kedapatan melakukan handball sebelum bola ditendang oleh Jesus. City pun akhirnya harus gigit jari dan gagal memetik poin penuh di laga kandang perdana mereka di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA