Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Pochettino: Sekarang, Semua Pihak Harus Menerima VAR

Ahad 18 Aug 2019 06:37 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino

Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Sebelumnya, Pochettino menentang VAR diterapkan di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sempat begitu kritis terkait rencana penggunaan Video Asistant Referee (VAR) di pentas Liga Primer Inggris, pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, akhirnya mengubah pandangannya tersebut. Kini, pelatih asal Argentina itu menegaskan, semua pihak harus menerima semua keputusan wasit yang didasarkan pada review VAR tersebut.

Pada pertengahan musim lalu, saat rencana penggunaan VAR tengah digodok otoritas Liga Primer Inggris, Pochettino menjadi salah satu pelatih yang menolak penggunaan teknologi tersebut. Bahkan, pelatih asal Argentina itu sempat menyebut, penggunaan VAR akan mengganggu dinamika permainan di atas lapangan dan keputusan wasit bakal cenderung tidak konsisten.

Baca Juga

Namun, kini Pochettino menyatakan, semua pihak harus menerima penggunaan VAR di kompetisisai timnya sedikit diuntungkan dengan penggunaan VAR, eks pelatih Southampton itu justru menilai, VAR harus bisa diterima oleh semua pihak. "Sekarang, semua pihak harus menerima hal tersebut (VAR). Sebelumnya, saya termasuk yang mengkritik penggunaan VAR, tapi sekarang kami harus menerima peraturan tersebut,'' tutur Pochettino seperti dikutip BBC, Ahad (18/8).

Kendati begitu, Pochettino menegaskan, perubahan pendapatnya ini bukan semata-mata lantaran timnya diuntungkan dalam penggunaan VAR di laga kontra Manchester City pada pekan kedua Liga Primer Inggris, Ahad (18/8) dini hari WIB. Di laga yang digelar di Stadion Etihad tersebut, Spurs terhindar dari kekalahan lantaran wasit menganulir gol winger City, Gabriel Jesus, pada menit ke-92.

Pada saat itu, wasit Michael Oliver membatalkan gol Jesus lantaran sebelum winger asal Brasil itu mencetak gol, bek tengah City, Aymeric Laporte, kedapatan melakukan handball usai melakukan review VAR. Spurs pun akhirnya pulang dengan membawa satu poin dari kandang juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut.

"Saat ini, VAR mungkin menguntungkan kami. Namun, tidak diragukan lagi, pada masa mendatang, ada kemungkinan kondisinya berbalik buat kami. Itu (penggunaan VAR) adalah peraturan baru, dan kita semua harus menerima peraturan tersebut," kata mantan bek tengah timnas Argentina tersebut.

Terlepas dari keberuntungan yang didapat timnya di laga tersebut, dan keberhasilan mendapatkan satu poin, Pochettino menegaskan, timnya masih harus meningkatkan kemampuan mereka. "Saya senang dengan raihan poin ini, tapi kami juga tahu, kami harus terus meningkatkan kemampuan kami. Kami masih dalam proses, dan secara bertahap, kami akan memperbaiki performa kami di semua sektor," kata Pochettino.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA