Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Ashley Cole Umumkan Gantung Sepatu

Senin 19 Aug 2019 06:49 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Endro Yuwanto

Ashley Cole

Ashley Cole

Foto: AP/Sang Tan
Cole masuk bagian skuat "invincible" Arsenal yang tak terkalahkan pada 2003/2004.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain belakang timnas Inggris, Ashley Cole, mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola pada Ahad (18/8). Hal tersebut menjadikan kariernya selama 20 tahun yang penuh warna berakhir.

"Setelah mempertimbangkan dengan susah payah, saatnya untuk menggantung sepatu saya dan melihat ke tahap berikutnya. Saya berharap ke depan bisa menjadi pelatih," ujar Cole seperti dilansir Reuters, Ahad (18/8).

Cole mengungkapan, sebagai anak muda yang terjun ke dunia sepak bola, awalnya ia tidak berharap untuk ikut pertandingan besar dan menjadi profesional. Kendati demikian, Cole merasa bersyukur bisa bermain di Piala Dunia, final Liga Champions, dan berhasil mengangkat gelar juara Liga Primer.

"Itu adalah impian anak muda. Saya memenuhi impian saya. Sekarang saya akan melihat ke masa depan, semoga bisa menjadi pelatih yang hebat," kata Cole.

Pemain berusia 38 tahun tersebut juga pernah tampil untuk AS Roma di Serie A Italia dan LA Galaxy di Major League Soccer (MLS). Terakhir, ia mewakili tim Championship (second-tier) Derby County sebelum kontraknya berakhir pada akhir musim lalu.

Semasa kariernya, mantan pemain belakang Inggris, Arsenal, dan Chelsea itu juga menjadi salah satu pemain paling cemerlang dalam sepak bola domestik. Pemberitaan pribadinya juga kerap menghiasi televisi seperti kesehariannya dan pernikahannya dengan penyanyi, Cheryl Cole.

Pria yang memulai debutnya pada 1999 di klub junior Arsenal. Ia merupakan bagian dari skuat "invincible" Arsenal yang tak terkalahkan sepanjang 2003-2004. Pada 2006, ia bergabung dengan tim rivalnya, Chelsea dan menjadikannya salah satu pemain belakang terbaik di Inggris.

Banyak gelar yang diraih Cole selama di Stamford Bridge. Selama kariernya, ia memenangkan tiga gelar Liga Primer, tujuh Piala FA, dan Piala Liga. Cole juga memenangkan Liga Champions dan UEFA Cup ketika di Chelsea. Setelah meninggalkan Chelsea pada 2014, ia bermain di Italia dan Amerika Serikat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA