Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Menanti Aksi 'Si Pesulap Kecil' di FC Hollywood

Rabu 21 Aug 2019 05:33 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan

  Selebrasi pesepak bola Brasil Philippe Coutinho berhasil mencetak gol pertama pada pertandingan grup E Piala Dunia 2018 antara Brasil melawan Kosta Rika di St Petersburg Stadium, Jumat (22/6).

Selebrasi pesepak bola Brasil Philippe Coutinho berhasil mencetak gol pertama pada pertandingan grup E Piala Dunia 2018 antara Brasil melawan Kosta Rika di St Petersburg Stadium, Jumat (22/6).

Foto: AP/David Josek
ayern Muenchen akhirnya merampungkan proses transfer Philippe Coutinho

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bayern Muenchen akhirnya merampungkan proses transfer Philippe Coutinho dengan Barcelona. Countinho akan menjalani masa pinjaman selama satu musim dari Barca, dengan opsi pembelian saat kontraknya habis pada 30 Juni 2020.

Baca Juga

Namun, kedua klub tidak membeberkan secara detail soal berapa nilai tranfer yang disepakati.  Kepindahan ini sebenarnya cukup mengejutkan, setelah sang agen berkali-kali menegaskan tak ada negosiasi kliennya dengan klub manapun. Rumor kepindahan Coutinho bergulir saat Barcelona terus mendekati Paris Saint-Germain demi memboyong kembali Neymar. Pemain berjuluk the Little Magician atau Si Pesulap Kecil itu dijadikan sebagai faktor kunci Barca untuk mengurangi biaya transfer Neymar yang selangit.

''Bagi saya, kepindahan ini berarti tantangan baru di negara baru dengan salah satu klub terbaik di Eropa,'' ungkap Countinho, dikutip dari laman resmi Muenchen, Selasa (20/8).

CEO Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge mengungkapkan, timnya bekerja keras untuk membawa Countinho ke Allianz Arena. Menurutnya, dengan kreativitas dan kemampuan yang di atas rata-rata, Coutinho adalah pemain yang akan segera memperkuat lini serang the Bavarians. ''Kami sangat senang telah menyelesaikan transfer ini. Kami berterima kasih kepada Barcelona telah sepakat untuk melepas Coutinho,'' ungkap Rumminegge.

Namun, Coutinho menunjukan tanda-tanda tak ingin hanya menjadi pemain pinjaman di Bayern Muenchen. Pemain berusia 27 tahun itu bahkan bertekad bisa meraih banyak gelar bersama Die Roten, setelah beberapa kali diisukan bakal jadi pemain 'barteran' oleh Barcelona untuk dapatkan Neymar.

Pemain internasional Brasil tersebut gabung ke Muenchen setelah mencetak 21 gol dari 75 pertandingan sejak tiba di Camp Nou pada Januari 2018. Setelah satu setengah musim di Spanyol, mantan pemain Liverpool tersebut pun sadar ia punya kesempatan untuk bermain lebih bersama Muenchen. '

'Saya punya tantangan besar di sini, dan saya berharap tetap di sini untuk waktu yang lama dan memenangkan banyak gelar,'' ungkap Countinho.

Menurutnya, akan selalu ada ekspektasi besar berada di klub berjuluk FC Hollywood tersebut. Walaupun dirinya menyatakan sosok yang selalu punya ambisi besar dan pekerja keras. Karena itu, dirinya berjanji akan melakukan yang terbaik untuk membawa Muenhcen meraih tujuan, dengan mempersembahkan gelar Bundesliga, Piala Jerman dan Liga Champions dengan rekan setimnya.

Coutinho akan mengenakan nomor punggung 10, yang sebelumnya digunakan oleh Arjen Robben. Pemain asal Belanda itu pensiun akhir musim lalu, setelah mencetak 144 gol dalam 309 9 pertandingan selama 10 tahun bersama Muenchen. Menggantikan Robben tentu akan menjadi peran yang sulit untuk dilakoni.

Robben selalu menjadi pemecah kebuntuan kala Muenchen kesulitan mencetak gol, lewat kemampuan dribelnya dari sisi sayap dan tendangan kaki kirianya yang mematikan.  Oleh karena itu itu, menggantikan pemain asal Belanda tersebut menjadi tugas sulit yang berada di pundak Coutinho di Allianz Arena.

''Jersey Bayern Muenchen dan No. 10 adalah tanggungjawab besar, itu milik Robben, dia adalah contoh besar dalam sepak bola,'' ungkap Coutinho.

Sebelumnya, Coutinho diharapkan mampu menggantikan posisi Neymar di Barcelona. Namun ia dinilai gagal selama satu setengah musim di Camp Nou. Pemain internasional Brasil itu hanya mencetak 21 gol dari 75 pertandingan sejak bergabung pada Januari 2018. Namun, sejak pergianya dua sosok besar dari skuat Muenchen, yaitu Franck Ribery dan Robeben, juara bertahan Bundesliga tersebut butuh gelandang serang baru.

''Saya berhadap mampu memenuhi ekspektasi dengan (permainan) sepak bola yang bagus di lapangan,'' tegas Coutinho.

Countinho dibesarkan oleh klub Brasil Vasco da Gama. Setelah itu ia dibawa ke Eropa oleh Inter Milan, kemudian pindah ke Espanyol. Performa apiknya bersaam Espanyol membuat Liverpool tergoda membawanya ke Liga Inggris. Bersama Liverpool, Coutinho jadi salah satu bintang the Reds, sehingga menarik minat Barcelona untuk membelinya.

Saat pindah dari Liverpool ke Barcelona pada 2018, ia menjadi pemain termahal kedua di dunia, di bawah rekan senegaranya, Neymar. Bersama Barca, dia memenangkan gelar Liga Spanyol dua kali beruntun, dan Copa del Rey pada 2018. Ia telah tampil sebanyak 55 pertandingan untuk tim nasional Brasil dan mencetak 15 gol. Coutinho juga membawa Brasil menjuarai Copa America 2019 lalu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA