Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Ronaldo: Saya Bisa Pensiun Tahun Depan

Rabu 21 Aug 2019 18:40 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

 Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Foto: EPA-EFE/Wallace Woon
Saat ini, Ronaldo sudah berusia 34 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bintang Juventus Cristiano Ronaldo membahas masa depannya. Ia mengaku masih menikmati tantangan beraksi di lapangan hijau. Namun seputar kapan ia pensiun, itu masih menjadi misteri. Saat ini, Ronaldo sudah berusia 34 tahun.

"Saya bisa saja menyelesaikan karier saya tahun depan, tapi saya juga bisa bermain hingga 40 atau 41 tahun," kata mantan super star Real Madrid, dikutip dari Football Italia, Rabu (21/8).

Baca Juga

Selanjutnya ia menyinggung keadaannya di Juve. Ia mengaku bahagia berkostum Bianconeri. Kendati demikian, bukan perkara mudah baginya meninggalkan Madrid tahun lalu. Sembilan musim membela El Real, Ronaldo meraih segalanya.

Namun, Ronaldo membutuhkan tantangan baru. Kapten tim nasional Portugal itu tak ingin terjebak di zona nyaman.

"Mudah bagi saya beradaptasi (di Juventus). Putra saya, Cris menguasai empat bahasa, bahkan lebih fasih dari saya," ujar Ronaldo.

Ia sudah merasakan gelar lokal bersama si Nyonya Tua. Namun CR7 tak menampik ada harapan meraih trofi Liga Champions dalam balutan kostum hitam putih.

Ia meminta semua pihak di Bianconeri menikmati tahap demi tahap dan tidak menjadikan trofi si kuping lebar sebagai obsesi.

"Kita harus ingat, uang bukan segalanya di sepak bola. Lihat sudah berapa tahun, Barcelona, Bayern, atau PSG tidak memenangkan Liga Champions," ujar Ronaldo menambahkan.

Di sisi lain, Ronaldo menyebut 2018 sebagai tahun yang paling sulit baginya. Ronaldo harus berurusan dengan tuduhan pemerkosaan tahun lalu setelah mantan model Kathryn Mayorga mengajukan tuntutan pada September 2018. CR7, julukan Ronaldo, dituduh melakukan pelecehan seksual di kamar hotel Las Vegas, Amerika Serikat, pada 2009. 

Kasus ini dibatalkan di pengadilan Nevada pada Juni lalu, meskipun tidak disebutkan secara jelas apakah Ronaldo menyetujui upaya penyelesaiannya. Ronaldo membantah tuduhan itu, meskipun dia dilaporkan telah mengakui membayar Mayorga untuk penyelesaian kasus sebelumnya.

"Ketika orang mempertanyakan kehormatan Anda, itu menyakitkan," kata Ronaldo. "Sangat menyakitkan terutama karena saya memiliki keluarga besar, istri, dan anak cerdas yang mengerti banyak hal."

Menurut Ronaldo, kasus itu membuatnya tidak nyaman mengekspresikan diri. "Tetapi sekali lagi, kepolosan saya telah terbukti. Itu membuat saya bangga," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA