Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

CR7: Jika Usia Saya 25 Tahun, Banderol Saya Rp 4,7 T

Kamis 22 Aug 2019 09:00 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo

Foto: EPA
Kini, pemain yang belum membuktikan apapun bisa dibanderol seharga 100 juta euro.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Cristiano Ronaldo mengatakan, biaya transfer pemain dalam sepak bola saat ini sudah tidak masuk akal lagi. Bahkan, Ronaldo sempat heran pemain yang belum berpengalaman saja bisa dibeli seharga 100 juta euro lebih.

Padahal, saat Ronaldo pindah dari Manchester United (MU) ke Real Madrid pada musim panas 2009, ia dibeli seharga 80 juta pound. Itu pun sudah memecahkan rekor transfer dunia. Delapan tahun kemudian, Neymar meninggalkan Barcelona ke Paris Saint-German (PSG) seharga 200 juta euro.

Karena itu, striker Juventus tersebut menyatakan, jika berada di era sekarang saat masih muda, bisa saja ia dibanderol seharga 300 juta euro atau Rp 4,7 triliun. Ronaldo memegang gelar lima kali pemain terbaik dunia hingga pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Real Madrid.

Namun saat ini, pemain sekelas Joao Felix, yang baru semusim terjun ke sepak bola profesional, meninggalkan Benfica dengan tebusan seharga 120 juta euro. ''Jika saya masih 25 tahun, jika kiper bernilai 75 juta euro, pemain yang telah melakukan seperti yang telah saya lakukan dalam beberapa tahun terakhir, harusnya memiliki harga tiga atau empat kali lipat dari itu. Mudah saja,'' ujar Ronaldo dikutip dari ESPN, Kamis (22/8).

Menurut CR7, julukan Ronaldo, hari-hari ini pemain yang belum membuktikan apapun bahkan bisa dibanderol seharga 100 juta euro. Angka yang sama seperti saat pemain usia 34 tahun itu pindah dari Real Madrid ke Juventus. Sebab, sekarang ini ada uang yang berputar lebih banyak di sepak bola.

Ronaldo tidak setuju dengan uang yang mengendalikan sepak bola. Namun seperti itulah dunia saat ini berjalan.

''Bursa transfer seperti itu dan Anda harus menghormatinya. Apakah ada pesepak bola yang memecahkan rekor dibanding saya? Saya kira hanya sedikit pemain yang punya banyak rekor seperti saya,'' kata pemain internasional Portugal itu menegaskan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA