Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Bisakah Real Madrid Menjaga Keangkeran Bernabeu?

Sabtu 24 Aug 2019 20:25 WIB

Red: Budi Raharjo

Sergio Ramos (kanan).

Sergio Ramos (kanan).

Foto: EPA-EFE/TONI ALBIR
Real Madrid tidak pernah kalah dalam 10 laga kandang kontra Real Valladolid.

REPUBLIKA.CO.ID, Real Madrid menjawab semua kritikan sepanjang tur pramusim dengan begitu elegan. Los Blancos memetik kemenangan 3-1 atas Celta Vigo pada jornada pembuka La Liga musim ini, akhir pekan lalu.

Semua anggapan terkait ketidaksiapan Los Blancos dalam menghadapi kompetisi musim ini dijawab dengan performa meyakinkan di kandang Celta Vigo. Kemenangan di Stadion Balaidos itu memiliki makna penting dalam persaingan dengan rival bebuyutan mereka, Barcelona, di pentas La Liga.

Kemenangan itu, ditambah kegagalan Barca memetik poin penuh dalam laga perdana, membawa posisi Madrid berada di atas Barca di papan klasemen sementara La Liga untuk kali pertama sejak pengujung musim 2016/2017. Kondisi ini tentu menjadi motivasi tersendiri bagi penggawa Los Blancos untuk meneruskan tren positif kala menerima lawatan Real Valladolid di Stadion Santiago Bernabeu, Ahad (25/8) dini hari WIB.

Tidak hanya demi kembali mem berikan pembuktian dan jawaban atas berbagai keraguan, kemenangan dalam laga itu akan memberikan kesempatan Los Blancos untuk tancap gas pada awal La Liga musim ini, sekaligus terus berada di atas Barca.

"Sekarang kami sudah melupakan kekecewaan pada musim lalu dan siap bangkit," kata kapten Real Madrid, Sergio Ramos, seperti dikutip Marca, awal pekan ini.

Dari segi permainan, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku cukup puas dengan peningkatan kemampuan anak-anak asuhnya dalam bertahan. Bahkan, pelatih asal Prancis itu terkesan dengan usaha yang diberikan pemain di lini serang, seperti Gareth Bale dan Vicinus Junior yang turun membantu pertahanan.

"Kuncinya adalah meningkatkan performa pertahanan karena kami tahu, jika kami memegang kendali bola, kami bisa memberikan dampak besar untuk pertahanan lawan," ujar Zidane di laman resmi klub.

Kepercayaan diri tinggi yang tengah dirasakan penggawa Los Blancos, ditambah faktor tuan rumah, membuat Los Blancos diprediksi meraih kemenangan dalam laga ini. Apalagi, Los Blancos juga mencatatkan rekor apik tiap kali berhadapan dengan peringkat ke-16 La Liga musim lalu tersebut. Los Blancos tidak pernah kalah dalam 10 laga kandang kontra klub berjuluk Albivioletas tersebut.

Namun, berbekal kemenangan 2-1 atas Real Betis dalam laga perdana La Liga, Valladolid berniat mengakhiri dominasi Real Madrid atas mereka. Pelatih Real Valladolid, Sergio Gonzalez, menyebut, kerja keras mereka selama pramusim akhirnya terbayar dengan kemenangan di kandang Real Betis.

"Tiga poin di kandang Real Betis menjadi capaian penting kami. Ini menjadi modal yang baik pada musim ini," kata Gonzalez seperti dikutip Marca. (reja irfa widodo, ed: m akbar)

photo
Zinedine Zidane


DATA DAN FAKTA:

1 Real Madrid hanya gagal mencetak gol dalam satu dari 43 laga kandang terakhir kontra Valladolid di Santiago Bernabeu dalam pentas La Liga.

3 Real Valladolid mengemas tiga kemenangan dari empat laga terakhir di pentas La Liga. Catatan kemenangan ini menyamai rekor kemenangan dalam 20 laga terakhir di semua kompetisi.

9 Real Madrid tidak pernah kalah dalam 10 laga kandang terakhir kontra Real Valladolid di pentas La Liga dengan rekor sembilan kemenangan dan satu hasil imbang.

11 Real Madrid menjadi tim yang mampu mencatatkan tendangan terbanyak dibandingkan kontestan La Liga lainnya pada pekan perdana La Liga musim ini.

37 Dalam 43 pertemuan terakhir dengan Valladolid di Santiago Bernabeu, Real Madrid mencetak 37 kemenangan, tiga kekalahan, dan tiga hasil imbang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA