Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kualifikasi Piala Eropa, Jerman Takluk dari Belanda 2-4

Sabtu 07 Sep 2019 04:40 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Reaksi pemain Jerman setelah kalah 2-4 dari tim Belanda dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020

Reaksi pemain Jerman setelah kalah 2-4 dari tim Belanda dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020

Foto: Focke Strangmann/EPA
Jerman kalah dari Belanda di kandang sendiri Volksparkstadion Hamburg

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda berhasil mengalahkan Jerman dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020, di Volksparkstadion, Hamburg, pada Sabtu (7/9) dini hari. Laga berakhir dengan skor 2-4 untuk kemenangan Virgil Van Dijk cs.

Pada babak pertama, Jerman langsung mengambil inisiatif serangan di hadapan pendukungnya. Strategi tersebut membuahkan hasil ketika Serge Gnabry berhasil menceyak gol pada menit ke-9. 

Dua kartu kuning sempat dikeluarkan wasit pada menit ke-35. Di mana kartu kuning diberikan untuk masing-masing tim, satu untuk gelandang tengah Jerman, Joshua Kimmich. Sedangkan satu lagi diperoleh penyerang Belanda, Memphis Depay.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Jerman. Babak kedua, Belanda langsung menyerang ke jantung pertahana Jerman untuk menyamakan kedudukan. Namun, pada menit ke-49, Marten de Roon justru menerima kartu kuning dari wasit.

Meski begitu, Belanda tak mengendurkan serangan mereka. Hingga akhirnya gol penyama kedudukan terjadi pada menit ke-59.

Gol dicetak oleh pemain yang kini bermain di Barcelona, Frenkie de Jong. Setelah menerima umpan dari Ryan Babel.

Keberuntungan menghinggapi Belanda, saat gol bunuh diri pemain Jerman, Jonathan Tah pada menit ke-66. Skor 1-2 untuk keunggulan Belanda.

Namun, keunggulan tersebut hanya berlangsung selama tujuh menit. Penalti Toni Kross pada menit ke-73, berhasil membuat Jerman menyamakan kedudukan atas Belanda.

Tak berselang lama, Belanda kembali membuat malu tuan rumah. Ketika Donyell Malen menerima umpan dari Georginio Wijnaldum, dan berhasil mencetak gol pada menit ke-79. 

Dalam 10 menit jelang babak kedua usai, Jerman terus melancarakan serangan ke garis pertahanan Belanda. Namun, Virgil van Dijk dan kawan-kawan berhasil membendung serangan yang dimotori oleh Ilkay Gundogan.

Nahas bagi Jerman, keasyikan menyerang justru membuat lini pertahanan mereka meninggalkan ruang kosong. Lewat skema serangan balik, Georginio Wijnaldum berhasi mencetak gol pada menit ke-90+1, memanfaatkan operan dari Memphis Depay.

Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 2-4 untuk keunggulan Belanda atas Jerman di Volksparkstadion, Hamburg.

Dengan hasil tersebut, Jerman masih menempati posisi kedua grup C kualifikasi Piala Eropa 2020, dengan 9 poin dari empat laga. Sedangkan Belanda, bertengger di tempat ketiga dengan 6 poin dari tiga laga.

Sedangkan posisi pertama masih ditempati oleh Irlandia Utara. Tim tersebut sudah berhasil mengumpulkan 12 poin dari empat laga yang sudah dijalani.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA