Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Trofeo HB X Bantu Indra Sjafri Tentukan Pemain ke SEA Games

Ahad 08 Sep 2019 22:47 WIB

Red: Endro Yuwanto

Timnas U23 Juara Trofeo HB X. Pemain Timnas U23 berfoto bersama piala Trofeo HBX 2019 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Ahad (8/9/2019).

Timnas U23 Juara Trofeo HB X. Pemain Timnas U23 berfoto bersama piala Trofeo HBX 2019 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Ahad (8/9/2019).

Foto: Republika/ Wihdan
Namun, turnamen ini belum mewakili gambaran utuh potensi masing-masing pemain.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, mengaku terbantu dengan gelaran turnamen Trofeo HB X atau Hamengku Buwono X Cup 2019. Ia akan lebih mudah dalam menentukan pemain skuat Garuda Muda yang akan didaftarkan pada SEA Games 2019 di Filipina.

"Kami dapat gambaran yang sebenarnya terkait pemain yang akan didaftarkan (mengikuti SEA Games 2019) paling lambat tanggal 20 September," kata Indra Sjafri saat jumpa pers di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Ahad (8/9).

Menurut Indra, Trofeo HB X Cup 2019 sekaligus menutup pemusatan latihan training camp/TC timnas U-23 di Yogyakarta sejak 3-9 September 2019. TC akan digelar kembali pada 1 Oktober 2019 untuk persiapan mini turnamen di China pada 7-15 Oktober.

"Manfaat trofeo tadi adalah kami mencoba semua pemain, mencoba 29 pemain minus satu kiper yang tidak bisa kita lihat, yakni Satria. Tapi Satria sangat tahu kemampuan dia," kata Indra.

photo

Baca Juga

Latihan Timnas U23. Pelatih Indra Sjafri memberikan instruksi kepada pemain Timnas Sepak Bola U23 saat berlatih di Lapangan YIS, Yogyakarta, Selasa (3/9/3019).


Kendati demikian, Indra mengatakan turnamen Trofeo HB X yang dimenangkan oleh anak asuhnya itu belum mewakili gambaran secara utuh potensi masing-masing pemain timnas. Oleh sebab itu, sebagai penentu akhir, TC akan kembali digelar pada Oktober mendatang.

"Kalau memahami secara utuh tentu belum, karena itu besok TC lagi pada Oktober. Saya berharap pengertian dari klub, benar-benar nanti pemain yang kami panggil memang dilepas dengan ikhlas dan selama dua bulan itu kami baru menentukan 20 pemain yang kami bawa (untuk SEA Games di Filipina)," kata Indra.

Indra memberikan perhatian khusus terhadap pemainnya yakni Asnawi Mangkualam yang menerima kartu merah pada laga Trofeo. Wasit menghadiahi Asnawi dan pemain Bali United Fahmi Al Ayyubi kartu merah karena keduanya sempat terlibat cekcok setelah saling berbenturan.

Bagi Indra, pemain sepak bola selevel timnas Indonesia harus lebih mampu mengatur emosi di lapangan. "Kalau sudah level nasional jangan terpancing, harus cool karena determinasi pertandingan tinggi. Sebenarnya tidak ada niatan dari dia, tapi mungkin karena terbawa suasana pertandingan," jelasnya.

Timnas Indonesia U-23 berhasil merebut juara Trofeo HB X atau Hamengku Buwono X Cup 2019 setelah menumbangkan PSIM Yogyakarta dengan skor 4-1 dan Bali United 1-0 di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Ahad sore.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA