Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Manchester City Punya Skuat Termahal di Eropa

Selasa 10 Sep 2019 17:30 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Pep Guardiola

Pep Guardiola

Foto: AP/Jon Super
Mahalnya skuat City juga tidak terlepas dari kedatangan Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah klub sepak bola berinvestasi sebesar 1 miliar euro untuk membentuk sebuah tim. Klub tersebut adalah Manchester City.

Dikutip dari Football-obeservatory, Selasa (10/9), paling tidak City sudah menghabiskan 1 miliar euro atau setara dengan Rp 15 triliun. Dua klub lain yang nilai skuatnya nyaris menyentuh 1 miliar euro adalah Paris Saint-Germain (PSG), sebesar 913 juta euro atau Rp 14,1 triliun. Serta, Real Madrid senilai 902 juta euro atau Rp 13,9 triliun.

Di posisi keempat ada Manchester United (MU) dengan 751 juta euro, kelima ada Juventus senilai 719 juta euro. Peringkat keenam sampai 10 ada Barcelona, Liverpool, Chelsea, Atletico Madrid, dan Arsenal.

Sementara, rata-rata pengeluaran klub untuk melengkapi skuat dalam bursa transfer per liga yaitu 345 juta euro untuk Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol dan Serie A Italia sebesar 167 juta euro, Bundesliga Jerman 124 juta euro, dan Ligue 1 Prancis sebesar 118 juta euro.

Manchester City memang menjadi skuat yang paling ditakuti di Eropa saat ini, setelah mampu juara Liga Primer Inggris dua musim berturut-turut. The Citizens memang memiliki pemain-pemain dengan nama besar seperti Sergio Aguero, Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Otamendi, Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, hingga Ederson.

Mahalnya, skuat City juga tidak terlepas dari kedatangan Pep Guardiola. Sejak direkrut City pada musim 2016/2017 hingga saat ini, juru taktik asal Spanyol itu sudah menggelontorkan uang sebesar 762 juta euro atau Rp 12,1 triliun untuk membelanjakan total 30 pemain ke Etihad Stadium. Meskipun musim ini Guardiola hanya memboyong tiga pemain, yaitu Joao Cancelo dari Juventus, Rodri dari Atletico Madrid, serta Angelino dari PSV Eindhoven.

Padahal, selama di Barcelona, Guardiola hanya mengeluarkan dana sebesar 342 juta euro atau 5,4 triliun selama empat musim. Sementara, pengeluaran lebih kecil dilakukannya saat masih melatih Bayern Muenchen dengan hanya merogoh kocek klub sebesar Rp 3,2 triliun.

Adapun Real Madrid sudah mengeluarkan dana sebesar 260 juta euro untuk membeli Luka Jovic, Eder Militao, Ferland Mendy, dan Eden Hazard. Di sisi lain, rekor klub paling banyak untung dalam menjual pemain musim ini di Eropa adalah Atletico Madrid. Paling tidak, Los Rojiblancos mendapatkan dana sebesar 313, 1 juta euro musim ini. Antoine Griezmann jadi salah satu pemain yang paling berharga, setelah Lucas Hernandez dan Rodri. 

Walaupun, skuat asuhan Diego Simeone itu juga mencatatkan pengeluaran terbanyak sepanjang sejarah klub dengan total 196,5 juta euro. Dana sebesar itu digunakan Atletico untuk membeli tujuh pemain, seperti Joao Felix, Marcos Llorente, Felipe Monteiro, Renan Lodi, Hector Herrera, Nicolas Ibanez, dan Ivan Saponjic. Joao Felix menjadi pemain paling mahal dalam bursa transfer musim panas ini setelah dibeli dari Benfica sebesar 126 juta euro.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA