Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sejumlah Pelatih di Spanyol dan Inggris Kalahkan Gaji Conte

Kamis 12 Sep 2019 16:58 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Antonio Conte

Antonio Conte

Foto: EPA-EFE/Wallace Woon
Upah tertinggi atas nama Diego Simeone yang digaji Atletico sebesar Rp 651,5 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Kedatangan Antonio Conte ke Inter Milan membuat beberapa sejarah baru. Conte yang berstatus legenda hidup Juventus melatih klub rival.

Baca Juga

Fenomena di atas bukan hal biasa. Jarang terjadi seperti itu. Apalagi di sepak bola Italia.

Berikutnya, Conte tercatat sebagai arsitek tim dengan bayaran tertinggi di Negeri Spaghetti sepanjang sejarah. Dalam setahun, eks juru taktik Chelsea itu mendapat upah 11 juta euro (Rp 174,8 miliar).

"Gaji Conte dua kali lipat lebih banyak dari (Maurizio Sarri) yang berada di urutan kedua (gaji tertinggi di Serie A Italia)," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Kamis (12/9).

Bergabung dengan Juve, Sarri mendapat bayaran 5,5 juta euro (Rp 87,4 miliar) per musim. Pelatih berpengalaman, Carlo Ancelotti, hanya berada di tangga ketiga. Manajemen Napoli membayar Don Carlo sebesar 5 juta euro (Rp 79,4 miliar) per tahun.

Rupanya dominasi Conte hanya di Italia. Jika dibandingkan dengan upah para pelatih di liga elite lainnya, ia masih kalah jauh.

Menurut France Football, di La Liga Spanyol, upah tertinggi tercatat atas nama Diego Simeone. Setiap tahun Atletico Madrid menggaji Simeone sebesar 41 juta euro (Rp 651,5 miliar).

photo

Diego Simeone

Entrenador Barcelona, Ernesto Valverde, berada di urutan kedua. Setiap musim, Valverde mendapat bayaran 23 juta euro (Rp 365,5 miliar).

Di tempat ketiga ada Zinedine Zidane. Real Madrid menggaji Zidane 12 juta euro per tahun (Rp 190 miliar).

Demikian perbandingan antara Spanyol dan Italia, Zidane yang berada di urutan ketiga, bahkan lebih tinggi dari Conte sebagai raja di Negeri Spaghetti.

Beralih ke Inggris. Josep Guardiola tercatat sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth. "Setiap tahun Manchester City membayar Pep 15,2 juta poundsterling (Rp 271,2 miliar)," demikian laporan yang dikutip dari Daily Telegraph.

Di tangga kedua ada Mauricio Pochettino. Setiap tahun Tottenham Hotspur menggaji Pochettino 8,5 juta poundsterling (Rp 151,6 miliar).

Arsitek tim Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer berada di urutan ketiga. Menurut Daily Mirror, Solskjaer mendapat bayaran 7,5 juta euro per tahun di United (Rp 133,8 miliar).

Juergen Klopp di tempat keempat. Liverpool menggaji Klopp 7 juta euro per tahun (Rp 125 miliar). Jumlah yang diterima taktikian asal Jerman sama dengan gaji Manuel Pellegrini di West Ham United. Pelatih Arsenal, Unai Emery, mendapat upah 6 juta poundsterling per tahun (Rp 107 miliar).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA