Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Pelatih Legendaris Milan Puji Guardiola dan Juergen Klopp

Kamis 12 Sep 2019 18:23 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Bayu Hermawan

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

Foto: EPA/Nigel Roddis
Arrigo Sacchi menilai Guardiola dan Klopp punya ide sepak bola yang sama dengannya.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Pelatih legendaris AC Milan, Arrigo Sacchi terus membicarakan hal positif tentang Josep Guardiola dan Juergen Klopp. Ia melihat kesamaan ide sepak bola antara dirinya dengan arsitek Manchester City dan Liverpool tersebut.

Sacchi sangat menghargai hal itu. Saat membesut Milan tiga dekade lalu, ia terus berinovasi dalam merancang permainan menyerang.  Hal demikian, kini dilakukan Pep dan Klopp. Sacchi selalu meminta para pemainnya untuk melampaui batas mereka sendiri.

Ia menegaskan kemenangan dalam sepak bola lebih bermakna jika prosesnya melalui keindahan permainan. Idealisme demikian juga dimiliki Pep dan Klopp.

"Mereka berpikir seperti saya. Tugas kami membuat publik menikmati sepak bola. Sehingga penonton lebih bersemangat," ujar Sacchi, dikutip dari Football Italia, Kamis (12/9).

Menurutnya, merancang sepak bola hebat lebih sulit daripada membicarakannya. Terpenting, ada keinginan untuk mendominasi. Sacchi mengaku menikmati apa yang dilakukan Pep dan Klopp saat ini. Itu membuat Liga Primer Inggris lebih kompetitif.

Hanya saja, menurut dia, sepak bola negeri Ratu Elisabeth memiliki masalah klasik. Klub-klub di Inggris bertarung di banyak kompetisi. "Mungkin itu sebabnya tim nasional (Inggris) tidak pernah mendapatkan hasil yang bagus," ujar Sacchi.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA