Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Rooney: Inggris Era Kami Bisa Juara Jika Dilatih Guardiola

Jumat 13 Sep 2019 10:05 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Selebrasi striker Inggris Wayne Rooney usai membobol gawang Brasil di Stadion Maracana.

Selebrasi striker Inggris Wayne Rooney usai membobol gawang Brasil di Stadion Maracana.

Foto: REUTERS/Pilar Olivares
Rooney dan rekan-rekannya di timnas Inggris cuma sampai di tahap perempat final.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Beberapa tahun lalu, tim nasional Inggris memiliki para pemain dengan nama mentereng di segala lini. Sebagian besar bahkan berstatus kapten di klub masing-masing.

Nama-nama berkelas tersebut di antaranya Wayne Rooney, Steven Gerrard, Frank Lampard, John Terry, Rio Ferdinand, Paul Scholes, Michael Owen, Ashley Cole, Gary Neville, hingga David Beckham.

Sayang, kumpulan pemain yang biasa disebut dengan istilah generasi emas itu gagal membawa the Three Lions berprestasi. Dalam beberapa turnamen di level tertinggi, Rooney dan rekan-rekannya di timnas Inggris cuma sampai di tahap perempat final.

Dalam sebuah pernyataan lewat podcast, legenda hidup Manchester United berekasi. Menurut Rooney penyebab generasi mereka nirgelar di timnas terletak pada pelatih. 

"Anda melihat tim kami 10 tahun yang lalu. Bisa dibilang kami memiliki kelompok pemain terbaik dunia. Ferdinand, Terry, Cole, Gerrard, Scholes, Lampard, Beckham, saya sendiri, Owen. Jika kami dilatih oleh pelatih seperti Guardiola, tidak diragukan lagi, kami bisa memenangkan segalanya," kata Rooney, dikutip dari Sky Sports, Jumat (13/6).

Dalam perjalanan waktu catatan individu sosok yang kini membela DC United itu cukup mentereng. Ia berstatus top skorer sepanjang masa negaranya dengan 53 gol.

Kini tim nasional Inggris diisi generasi berbeda. Secara permainan juga jauh lebih menyerang.  Ada Harry Kane, Jordan Henderson, Raheem Sterling, Harry Maquire. Itulah beberapa pengisi starting XI Gareth Southgate.

"Saya menonton dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan ketika mereka menang," ujar Rooney mendukung para penerusnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA