Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Robert: Jarak Pemain Timnas Kembali ke Klub Terlalu Cepat

Sabtu 14 Sep 2019 00:45 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Pemain timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan saat pertandingan melawan Thailand dalam Kualifikasi babak kedua Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Pemain timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan saat pertandingan melawan Thailand dalam Kualifikasi babak kedua Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Tak sedikit pemain langsung diturunkan untuk bermain di kompetisi Liga 1.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah pemain timnas Indonesia sudah kembali ke klubnya masing-masing. Tak sedikit pemain langsung diturunkan untuk bermain di kompetisi Liga 1.

Baca Juga

Sebut saja Bali United yang langsung menurunkan Stefano Lilipaly dalam laga kontra Bhayangkara FC pada Jumat (13/9). Selain itu, Febri Hariyadi turut diboyong ke Bogor untuk menghadapi Tira Persikabo pada Sabtu (14/9).

Pelatih Persib Robert Rene Alberts sebenarnya tidak ingin mengambil risiko untuk menurunkan Febri. Dia menilai, Febri masih membutuhkan waktu untuk meningkatkan kondisi tubuhnya.

"Pemain timnas baru kembali setelah dua pekan. Normalnya, mereka lelah secara fisik. Fisik mereka tidak siap dan kelelahan karena training camp yang mereka jalani selama dua pekan," kata Robert, Jumat (13/9).

Timnas Indonesia bermain pada ajang babak kualifikasi Piala Dunia 2020. Sayangnya, timnas mendapat hasil negatif saat menjamu Malaysia dan Thailand.

Robert menyebut, kekalahan tersebut berpengaruh pada mental pemain. Sehingga pemain membutuhkan waktu untuk memulihkan mentalnya.

"Biasanya ketika pemain kembali dari timnas mereka butuh waktu untuk menyesuaikan. Sayangnya, di Liga Indonesia tidak ada waktu untuk itu," kata Robert.

Robert mengkritik bagaimana federasi harus mengikuti aturan dan jadwal FIFA termasuk soal istirahat pemain. Terlepas dari tugas negara, pemain juga harus diberikan waktu untuk beristirahat.

"Setelah dua pekan dari timnas mereka langsung kembali ke tim dan bermain. Itu merupakan perspektif berbeda dari negara lain," kata Robert.

Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan lebih santai menghadapi padatnya jadwal pemain timnas ke klub. Dia hanya kesulitan mengatur pemain yang baru kembali dari timnas.

"Hari ini memang ada yang baru datang dari timnas, dua pemain. Tapi apakah mereka akan bergabung di laga nanti atau tidak kita lihat nanti. Tapi secara keseluruhan pemain siap bertanding," kata RD.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA