Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Ditahan Leipzig, Posisi Muenchen Digeser Dortmund

Ahad 15 Sep 2019 04:17 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski

Foto: EPA-EFE/PHILIPP GUELLAND
RB Leipzig memperpanjang rekor tidak terkalahkan di pentas Bundesliga musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Bayern Muenchen harus rela menyerahkan peringkat kedua klasemen sementara Bundesliga Jerman kepada Borussia Dortmund pasca-kegagalan memetik poin penuh pada laga pekan keempat. Die Bayern hanya membawa pulang satu poin usai ditahan imbang RB Leipzig, 1-1, di Stadion Red Bull Arena, Sabtu (14/9) malam WIB.

Tambahan satu poin ini membuat Muenchen turun ke peringkat ketiga klasemen sementara Bundesliga. Die Bayern tertinggal satu poin dari Dortmund, yang mampu memetik tiga poin usai membekap Bayer Leverkusen, 4-0, di laga lainnya, Sabtu (14/9) malam WIB. Tidak hanya itu, ini menjadi kegagalan kedua Die Bayern meraih poin penuh di empat laga awal Bundesliga musim ini.

Menghadapi RB Leipzig, Muenchen sebenarnya mampu unggul terlebih dahulu. Bahkan, Die Bayern sudah mencatatkan keunggulan saat laga baru berjalan tiga menit. Adalah penyerang asal Polandia, Robert Lewandowski, yang sukses mengejutkan tim tuan rumah.

Menerima umpan terobosan dari Thomas Mueller, Lewandowski lolos dari jebakan offside dan langsung menaklukkan kiper RB Leipzig, Peter Gulacsi. Pada sepanjang babak pertama, usaha tim tuan rumah untuk bisa menyamakan kedudukan selalu berakhir kegagalan.

Sebenarnya, pada menit ke-37, RB Leipzig sempat mendapatkan hadiah penalti lantaran Lucas Hernandez dinilai melakukan pelanggaran terhadap Marcel Sabitzer. Namun, setelah melakukan review via VAR, wasit akhirnya menganulir keputusan tersebut. Kendati begitu, pada menit terakhir masa injury time, RB Leipzig kembali mendapatkan hadiah tendangan penalti. Kali ini, tanpa menggunakan VAR, wasit sudah yakin dengan keputusannya.

RB Leipzig mendapatkan hadiah penalti setelah Hernandez melanggar Yussuf Poulsen di area kotak penalti. Emil Forsberg, yang dipercaya untuk menjadi algojo tendangan penalti, sukses menaklukkan penjaga gawang Muenchen, Manuel Neuer. Gol ini sekaligus menjadi penutup babak pertama.

Pada babak kedua, Muenchen terus berusaha menambah catatan golnya. Berbagai upaya dilakukan pelatih Niko Kovac untuk bisa mengantarkan Die Bayern memetik kemenangan, termasuk dengan memasukkan Philippe Coutinho untuk menggantikan Thiago Alcantara. Pun dengan menurunkan Alphonso Davies dan Corentin Tolliso.

Pada menit ke-93, Muenchen sempat mendapatkan peluang emas lewat sundulan Nikclas Sule. Namun, bola hasil sundulan bek tengah asal Jerman itu masih melambung di atas mistar gawang. Skor 1-1 pun bertahan hingga laga usai.

Berbeda buat Muenchen, kendati gagal memetik poin penuh di laga ini, posisi RB Leipzig di papan klasemen sementara tak berubah. Die Rotten Bullen masih kokoh di puncak klasemen dengan raihan 10 poin. RB Leipzig pun memmperpanjang rekor tidak terkalahkan di pentas Bundesliga musim ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA