Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Ansu Fati Jadi Inspirator Kemenangan Barcelona Atas Valencia

Ahad 15 Sep 2019 05:34 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Ansu Fati (kiri) dan Frenkie de Jong.

Ansu Fati (kiri) dan Frenkie de Jong.

Foto: EPA/Toni Albir
Barca menutup laga dengan kemenangan 5-2 atas Valencia di Stadion Camp Nou.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona sukses membalaskan dendam kepada Valencia atas kekalahan di partai final Copa del Rey musim lalu. Tidak tanggung-tanggung, lima gol berhasil disarangkan La Blaugrana ke gawang Los Che pada jornada keempat La Liga Spanyol, Ahad (15/9) dini hari WIB.

Barcelona pun menutup laga dengan kemenangan 5-2 atas Valencia dalam laga yang digelar di Stadion Camp Nou tersebut. Kendati begitu, bukan Luis Suarez atau pun Antoine Griezmann yang menjadi sorotan utama di laga ini.

Baca Juga

Adalah winger berusia 16 tahun, Ansu Fati, yang tampil sebagai inspirator kemenangan Barcelona. Pesta gol Barcelona di laga ini diawali dari aksi impresif jebolan akademi sepak bola Barcelona tersebut.

Laga baru berjalan dua menit, Fati sudah mampu mencetak gol ke gawang Los Che usai memanfaatkan asisst dari Frenkie de Jong. Fati melepaskan tendangan terarah ke pojok kanan Valencia. Ini menjadi gol kedua Fati dalam dua laga terakhir, sekaligus menjadi gol perdananya di Stadion Camp Nou.

Tidak berhenti sampai di situ, Fati juga mengawali gol kedua Barcelona di laga tersebut, tepatnya pada menit ketujuh. Fati, yang merangsek lewat sisi kiri pertahanan Valencia, memberikan umpan matang ke De Jong. Gelandang asal Belanda itu kemudian melepaskan tendangan keras untuk merobek gawang Los Che.

Dengan keunggulan dua gol saat laga baru berjalan tujuh menit, Barcelona bermain lebih lepas dan cenderung mengendurkan tekanan. Imbasnya, Valencia mampu membalas pada menit ke-27 lewat torehan Kevin Gameiro. Gol Gameiro itu pun menjadi gol terakhir yang tercipta pada babak pertama.

Saat babak kedua memasuki menit ke-51, Barcelona kembali mencatatkan keunggulan. Gerard Pique berhasil memanfaatkan bola hasil halauan kiper Jasper Cillesen.

Pada menit ke-60, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, memutuskan untuk menggantikan Fati dengan Luis Suarez. Tidak perlu waktu lama buat penyerang asal Uruguay itu untuk merobek gawang Valencia.

Pada menit ke-61, Suarez, yang baru sembuh dari cedera, langsung mencatatkan namanya di papan skor. Eks penyerang Liverpool itu melepaskan tendangan melengkung dari depan kotak penalti Valencia, tanpa bisa dijangkau Cillesen.

Suarez menambah catatan golnya di laga ini pada menit ke-82. Memanfaatkan sodoran umpan dari Griezmann, Suarez melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti ke arah kiri gawang Valencia.

Los Che akhirnya kembali mencetak gol pada menit ke-92. Maxi Gomez berhasil memaksimalkan umpan dari Denis Cheryshev. Namun, gol Gomez ini ternyata hanya menjadi gol penghibur buat Valencia, yang baru saja mengganti pelatih dari Marcelino ke Albert Celades.

Kemenangan besar atas Valencia ini langsung mendongkrak posisi Barcelona di papan klasemen sementara. Tambahan tiga poin membawa juara bertahan La Liga itu ke peringakat keempat klasemen sementara, dengan raihan tujuh poin, berselisih dua poin dari Atletico Madrid, yang berada di puncak klasemen sementara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA